Ad imageAd image

Jokowi Kurban Sapi Limousin Berbobot 1,250 Ton untuk Masjid Raya Baiturrahman Semarang

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 825 Views
2 Min Read
Inilah sapi milik Jokowi yang dikurbankan di Masjid Raya Baiturrahman Kota Semarang, Minggu (16/6/2024). (Foto: Dickri Tifani Badi/Indoraya)

INDORAYA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyumbang sapi untuk Masjid Raya Baiturrahman Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Sapi kurban milik Jokowi itu adalah jenis limousin dengan bobot 1,250 ton.

Ketua Takmir Masjid Raya Baiturrahman Semarang, Multazam Ahmad menyampaikan sapi jumbo berwarna cokelat milik Jokowi itu sudah diterima oleh pihaknya pada Sabtu (15/6/2024) malam.

“Itu sapinya sudah dibelakang. Datang tadi malam,” jelasnya saat ditemui Indoraya di Masjid Raya Baiturrahman Semarang, Minggu (16/6/2024).

Menurut informasi ia peroleh, sapi milik Jokowi yang berukuran besar dan tingginya nyaris setinggi orang dewasa itu, didatangkan langsung dari Kabupaten Wonogiri.

“Informasinya, sapinya dari Wonogiri,” ucapnya.

Adanya kedatangan sapi milik orang nomor satu di Indonesia tersebut membuat para jemaah yang datang ke masjid ini tertarik untuk melihat.

“Banyak jemaah yang berbondong-bondong untuk melihat sapi Jokowi di Masjid Raya Baiturrahman,” katanya.

Ditanya soal penyembeliannya akan di Masjid Raya Baiturrahman atau di lokasi lain, Multazam membeberkan sesuai salat Iduladha, yaitu sapi limousin milik Jokowi diserahkan secara resmi kepada panitia kurban. Namun untuk penyembelian sapi tersebut disembelih di Islamic Center pada Selasa (18/6/2024).

“Penyembelihan di Islamic Center. Disembelih hari Selasa. Besok jadi hewannya diserahkan di sini, sapinya kan limousin di atas 1 ton penyembelihan di Islamic Center. Kami sudah punya langganan untuk diberikan daging, ada yang datang ada yang kami antar juga misal ke panti asuhan. Kami biasanya begitu,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Balai Inseminasi Buatan Dinas Peternakan dan Keswan Hewan (Disnakkeswan) Jateng, Agus Sucipto mengatakan sapi milik Presiden Jokowi dikirim dari Wonogiri. Di sana ditemukan sapi dengan fisik dan berat yang cocok serta sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan secara lengkap.

“Kurang lebih satu bulan lalu kami lakukan identifikasi dulu dengan Dinas di Kabupaten Wonogiri, kemudian kami diarahkan ke beberapa peternak, kebetulan kita menemukan bobot yang cukup besar, tinggi, secara fisik juga bagus sehingga kami ambil sampel dari pemeriksaan parasit, induk parasit, atau penyakit, cacing pencernaan maupun cacing hati, jadi sudah kami lakukan pemeriksaan beberapa waktu lalu,” imbuhnya.

Share this Article