Ad imageAd image

Jokowi Kunjungan ke Kalbar, Disambut Prosesi Adat Tepung Tawar

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 779 Views
2 Min Read
Jokowi disambut prosesi adat tepung tawar saat tiba di Kalbar. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diterima dengan upacara tradisional tepung tawar saat tiba di Bandara Singkawang, Kalimantan Barat. Tiga kelompok etnis utama di Kota Singkawang, yaitu Tionghoa, Dayak, dan Melayu, turut serta dalam prosesi tersebut.

Menurut Biro Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di Bandara Singkawang pada Rabu (20/3/2024) pukul 09.00 WIB, dengan sejumlah tokoh yang telah menanti kedatangannya di lokasi.

Jokowi diberi manik-manik khas Kalimantan dan mengenakan tanjak sebagai sambutan resmi. Selain itu, tarian tidayu dan barongsai oleh putra-putri daerah Kalimantan Barat turut menyemarakkan kedatangan beliau.

Setelah itu, dilakukan upacara tepung tawar dan pembacaan doa. Jokowi juga menyempatkan waktu untuk meninjau fasilitas dan infrastruktur di Bandara Singkawang.

Ashari Arhap, Ketua Perkumpulan Ikatan Seni Budaya dan Zikir Nazam Kota Singkawang, menyatakan bahwa ini adalah simbol keharmonisan antar etnis di Singkawang, yang terus ditingkatkan dan dilestarikan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur Kalimantan Barat Harisson, Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pipit Rismanto, Danlanud Harry Hadisoemantri Letkol Pnb Dion Aridito, serta Pj Wali Kota Singkawang Sumastro, tampak menyambut kedatangan Jokowi.

Jokowi dalam kunjungannya didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Pj Gubernur Kalimantan Barat Harisson, dan Pj Wali Kota Singkawang Sumastro.

Share this Article
Leave a comment