Ad imageAd image

Jokowi Groundbreaking Bandara IKN Hari Ini, Target Juni 2024 Bisa Beroperasi

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 755 Views
2 Min Read
Ilustrasi Bandara IKN. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Bandar Udara Ibu Kota Nusantara (IKN). Targetnya, bandara itu mulai bisa beroperasi pada Juni 2024.

“Hari ini kita akan melakukan groundbreaking pembangunan bandar udara di Nusantara yang ditargetkan akan beroperasi penuh di bulan Desember 2024, tapi sudah bisa dipakai nanti di bulan Juni 2024,” kata Jokowi saat sambutan, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (1/11/23).

Jokowi menyampaikan, Bandara IKN tersebut sangat penting untuk menunjang mobilitas kegiatan di IKN serta mendukung pelayanan pemerintah.

“Kehadiran bandara ini sangat penting mengingat semakin adanya kegiatan di IKN, semakin banyaknya mobilitas orang, dan juga barang dari dan menuju ke IKN, dan bandara IKN ini merupakan bandara khusus yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintah di IKN dan mendukung konektivitas di ibu kota nusantara,” jelas Jokowi.

Jokowi mengungkapkan bandara IKN memiliki luas 347 hektare dengan runaway 3.000 x 45 meter. Adapun terminal seluas 7.350 meter persegi. Jokowi pun berharap bandara itu akan membuat kawasan IKN terbuka konektivitasnya.

“Penumpang dapat dilayani dengan nyaman dan baik dan bandara ini akan membuat kawasan IKN semakin terbuka, konektivitas semakin baik dan juga semakin mudah dijangkau dari manapun,” papar dia.

Jokowi juga optimis adanya bandara itu dapat meningkatkan daya saing IKN serta mendorong pertumbuhan ekonomi. Dia pun mngucapkan basmalah untuk membuka secara resmi Bandara IKN tersebut.

“Saya yakin bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing IKN, competitiveness, mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong pengembangan potensi di daerah dan mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang kita proses,” ujarnya.

“Itu yang ingin saya sampaikan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada hari ini groundbreaking bandara udara Ibu Kota Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai,” ucapnya.

Share this Article