Ad imageAd image

Jokowi di Semarang : Salat Iduladha hingga Penyerahan Sapi Limousin

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 1 View
2 Min Read
Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo atau Jokowi melaksanakan salat Iduladha di Lapangan Pancasila Simpang Lima Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Senin (17/6/2024) pagi. (Foto; Pemkot Semarang)

INDORAYA – Presiden Joko Widodo (Jokowi ) melaksanakan salat Iduladha di Lapangan Pancasila Simpang Lima Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Senin (17/6/2024) pagi.

Di lokasi, Jokowi didampingi istrinya, Iriana Jokowi, dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, serta Forkompinda Jateng. Sementara Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari bertindak sebagai khatib saat salat Iduladha di lapangan tersebut.

Usai menuaikan salat Iduladha, Jokowi seperti biasanya menyapa warga dan menyalami mereka satu persatu yang membuat suana riuh. Tak sedikit dari warga pun berebut ingin foto bersama dengan orang nomor satu di Indonesia.

Setelah selesai ramah tamah dengan warga Kota Semarang, Jokowi kemudian melanjutkan untuk penyerahan sapi berjenis limousin berbobot 1,250 ton ke Masjid Raya Baiturrahman Kota Semarang.

Secara simbolis, kepala negara menyerahkan hewan kurban tersebut kepada Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baiturrahman, Ahmad Daroji. Sapi itu nantinya akan disembelih dan dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Daroji menyampaikan bahwa sapi milik Jokowi itu rencananya akan disembelih di Islamic Center pada Selasa (18/6/2024) besok. Dia mengungkapkan alasan penyembelihan sapi milik ayah Gibran Rakabuming Raka itu tidak di Masjid Baiturrahman, yakni karena keterbatasan lahan yang dimiliki.

Menurut Daroji, bantuan daging sapi ini tidak hanya distribusikan di lokasi saja, melainkan pihaknya juga memberikan secara door to door bagi warga yang membutuhkan.

” Disini kan lahannya terbatas. Nyebelihnya nanti di Islamic Center pada Selasa. Ada yang pakai kupon datang, tapi ada yang didistribusikan ke panti asuhan dan warga yang membutuhkan,” katanya.

Ditanya soal Iduladha tahun ini berapa hewan kurban yang ada di Masjid Raya Baiturrahman, dia membeberkan ada sebanyak 20 ekor sapi, termasuk dari Presiden Jokowi, dan 50 ekor kambing.

“Kami menyediakan sebanyak 1.500 kupon. Tetapi nantinya akan bertambah melihat situasi dan kondisi,” ucapnya.

Share This Article