Ad imageAd image

Jokowi Akui Proses Izin Acara di Indonesia Rumit

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 2 Views
2 Min Read
Presiden RI, Jokowi Widodo (Jokowi)

INDORAYA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti rumitnya proses birokrasi perizinan sebuah acara di Indonesia.

Jokowi menyebut Indonesia masih berpegang pada sistem perizinan yang ruwet. Ia pun menekankan sistem perizinan di Indonesia harus dibuat semakin mudah sehingga penyelenggara acara tidak ribet dalam mengurus birokrasi perizinan.

Tidak hanya itu, Jokowi juga meminta penyelenggara acara di Indonesia untuk tidak dadakan dalam mengajukan perizinan.

“Saya tanya ke penyelenggara, karena memang urusan perizinan kita ruwet,” kata Jokowi dalam acara peluncuran digitalisasi layanan perizinan penyelenggaraan event di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (24/6/2024).

Jokowi kemudian mengungkapkan alasan sejumlah musisi internasional, seperti Taylor Swift dan Coldplay, lebih memilih menggelar konser dengan jadwal yang banyak di Singapura ketimbang Indonesia dalam kawasan Asia Tenggara.

Salah satu alasannya, kata Jokowi, karena Singapura memiliki sistem perizinan acara yang baik, sementara di Indonesia sebaliknya.

“Kenapa, sih, selalu yang menyelenggarakan adalah Singapura? Ya karena kecepatan melayani dalam mendatangkan artis-artis tadi. Dukungan pemerintah baik itu kemudahan, akses keamanan, dan lain-lainnya,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Jokowi berharap Indonesia ke depan mampu menyederhanakan perizinan sebuah acara.

“Mengenai digitalisasi perizinan ini yang segera kita launching, harapan saya bukan web layanan, tapi betul memberikan kemudahan pengurusan, kepastian jauh sebelumnya, potong birokrasi kita, dan munculnya adalah cost yang lebih murah dan lebih terbuka, transparan,” ujar Jokowi.

Share This Article