Ad imageAd image

Jembatan Kali Babon Kota Semarang Diperbaiki, Waktu Pengerjaan Dua Bulan

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 974 Views
3 Min Read
Jembatan Kali Babon Kota Semarang yang menghubungkan Kota Semarang dan Kabupaten Demak. (Foto: Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Jembatan Kali Babon Kota Semarang yang menghubungkan Kota Semarang dan Kabupaten Demak tengah dilakukan perbaikan. Waktu pengerjaan dimulai Selasa (7/5/2024) dan akan berlangsung selama dua bulan.

Perbaikan ini dikarenakan padatnya arus lalu lintas dan kendaraan kelas berat yang melintas di sepanjang Jalan Kali Gawe Semarang membuat Jembatan Kali Babon rusak berkali-kali.

Oleh sebab itu, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta bakal mengganti oprit jembatan sebagai bentuk penanganan jangka panjang.

Pekerja Pembuat Komitmen (PPK) 3.1 BBPJN Jateng-DIY, Wisnhu Herlambang mengatakan, Jembatan Kali Babon sudah lima kali mengalami kerusakan. Sehingga perbaikan oprit ini diperlukan agar tidak terjadi lagi kerusakan.

BACA JUGA:   Selama 2023 Sebanyak 40 Kecelakaan di Perlintasan Sebidang, KAI Daop 4 Semarang Beri Pesan Ini

“Jadi pelaksanaanya terhadap oprit jembatan, kemudian dinding yang jebol dekat sambungan. Maka catatan ini dalam bentuk pemeliharaan lantai jembatan, hanya permukaanya saja atau jembatan tetap digunakan atau tak dilakukan pembongkaran,” katanya saat meninjau lokasi Jembatan Kali Babon Semarang, Senin (6/5/2024).

Mengenai perbaikan oprit ini, aspal bakal diganti dengan beton agar lebih awet dan kuat. Sebab, penggunaan aspal dengan kondisi jalan yang sering dilalui kendaraan berat, membuat aspal sering mengelupas atau berlubang sehingga membahayakan pondasi jembatan.

BACA JUGA:   Berawal Antar Bekal Anak Sekolah, Christina Kembangkan Bisnis Tahu Bakso Udang Semarangan

“Karena selama ini, beberapa kali perbaikan aspal selalu alami kerusakan. Harapannya setelah diganti bisa semakin kuat,” kata Wisnhu.

Apabila tidak ada kendala, maka proses perbaikan akan selesai dalam kurun waktu dua bulan. Adapun tahap perbaikan bakal dilakukan terlebih dahulu di jalur A atau Semarang arah ke Demak dengan sistem 3-1 atau 3 jalur on dan satu jalur off.

“Sesuai arahan Satlantas, 3 jalur dipakai, satu jalur nanti diperbaiki, jadi bergantian nanti. Pertama di jalur A terus jalur B (arah Demak ke Semarang)” imbuhnya.

Selain perbaikan oprit, BBPJN Jateng dan DIY juga sudah melakukan tahap perbaikan awal sebelum Ramadan. Yakni pengencangan hingga pergantian baut pada rangka jembatan.

BACA JUGA:   Harga Beras Melonjak Tinggi, Pedagang Harap Panen Raya di Demak Segera Dimulai

“Dan semua kondisinya aman. Maka rangka tetap [tidak diperbaiki atau bongkar]. Kita hanya lakukan perbaikan oprit,” kata Wisnhu.

Sementara itu, Kanit Lantas Polsek Genuk, AKP Bambang Triyono, bakal menerjunkan tim saat perbaikan Jembatan Kali Babon. Tujuannya tidak lain adalah mengurai kemacetan atau mencegah terjadinya kepadatan.

“Jadi nanti akan berdampak pada arus lalulintas, khususnya dari arah Semarang menuju ke Demak. Kita akan buatkan buten untuk antisipasi (kepadatan)” tutup AKP Bambang.

Share this Article
Leave a comment