Ad imageAd image

Jelang Iduladha, Puluhan Takmir Ikuti Pelatihan Sembelih Hewan Kurban Halal dan Sehat

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 34 Views
2 Min Read
Puluhan Takmir di Kota Semarang mengikuti pelatihan penyembelian hewan kurban yang sesuai syariat Islam dan sehat, di Kantor Dispertan Kota Semarang, Selasa (11/6/2024). (Foto: Dickri Tifani Badi/Indoraya)

INDORAYA – Menjelang Hari Iduladha 1445 Hijriah, sebanyak 32 takmir atau pengelola masjid di Kota Semarang mengikuti pelatihan penyembelihan hewan kurban yang sesuai unsur kesehatan dan syariat Islam.

Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pertanian (Dispertan) Kota Semarang, Selasa (11/6/2024).

Dalam pelatihan tersebut, Dispertan menghadirkan langsung dua orang pemateri dari Juru Sembelih Halal (Juleha) yang sudah mendapatkan sertifikasi profesi tersebut.

Kepala Bidang Peternakan Kesehatan Hewan Dipertan Kota Semarang, Chairun Nisa, mengatakan mereka yang mengikuti pelatihan ini merupakan perwakilan takmir masjid dari 16 kecamatan dan tergabung dalam Dewan Masjid Indonesia (DMI) Ibu Kota Jawa Tengah.

Selain mendapat materi tentang tata cara menyembelih yang sehat dan sesuai syariat Islam. Mereka juga praktik langsung menggunakan hewan kambing mulai penyembelian hingga memisahkan tulang dan daging.

Praktik digelar di belakang kantor Dispertan Kota Semarang, Jalan Mulawarman Raya, Pedalangan, Banyumanik, Kota Semarang.

“Dinas Pertanian Kota Semarang, memfasilitasi dan mengedukasi masyarakat bekerja sama dengan DMI dari 16 kecamatan, tentang tata kelola penyembelihan hewan Qurban secara benar dan higienis sesuai syar’i,” terang Chairun Nisa.

Dia menilai pelatihan ini sangat penting diberikan untuk masyarakat terutama para takmir menjelang Iduladha.

Hal itu agar bertujuan masyarakat paham bagaimana menangani atau mengelola hewan qurban sebelum dan sesudah disembelih.

“Edukasi ini kami berikan agar masyarakat paham dan mengerti bagaimana menangani hewan qurban, sebelum dan sesudah disembelih, kemudian cara menguliti, memisahkan daging dan tulang hingga pemotongan daging yang aman, sehat, utuh dan halal,” katanya.

Sementara itu, Sekertaris DMI Kota Semarang, Abdul Gofar menyambut baik para takmir masjid dilibatkan dalam bimtek yang diselenggarakan Dispertan Kota Semarang.

”Kami juga mendorong para pengurus (takmir) masjid, untuk memaksimalkan peran dan fungsi-fungsi masjid seperti memberikan pelayanan secara optimal ke masyarakat terutama menjelang hari raya Iduladha,” ucapnya.

Program tersebut, imbuh Gofar, merupakan program tahunan yang dijalankan oleh DMI Kota Semarang, agar anggotanya, yang sebagian pengurus masjid dapat lebih memiliki pemahaman ilmu menyembelih yang baik sesuai syariat Islam.

Share this Article