Ad imageAd image

Jateng Pastikan Kebutuhan Hewan Kurban Iduladha Aman, Tersedia 250 Ribu Ekor Sapi

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 908 Views
2 Min Read
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Jawa Tengah, Agus Wariyanto

INDORAYA – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Jawa Tengah (Jateng) memastikan kebutuhan hewan kurban untuk Hari Raya Iduladha tahun 2024 aman. Bahkan jumlah yang tersedia lebih banyak daripada kebutuhan.

Kepala Disnakkeswan Jateng, Agus Wariyanto mengatakan, pihaknya telah menyiapakan 250 ribu ekor sapi untuk kebutuhan Hari Raya Iduladha. Sementara jumlah sapi yang akan dijagal diperkirakan ada 200 ribu ekor.

Selain stok aman, dia juga memperhatikan kesehatan hewan kurban yang akan disembelih dan dikonsumsi masyarakat. Disnakkeswan Jateng bakal menerjunkan ratusan tim dokter hewan ke lapangan.

BACA JUGA:   Stok Hewan Kurban Iduladha di Jateng Aman, Sapi Hingga Domba Tersedia

“Stok surplus kita malahan, masyarakat tak perlu khawatir. Kesehatan juga kita jamin, mulai pekan depan kita akan mulai terjunkan dokter kesehatan, ada 100-an [dokter] dan belum terhitung dengan dokter yang di kabupaten/kota lainya,” kata Agus saat dihubungi, belum lama ini.

Dia melanjutkan, ratusan dokter hewan itu bakal dikerahkan di pasar hewan dan pasar tiban untuk mengecek lingkungan peternakan hingga kesehatan hewan. Bila ditemukan hewan yang terindikasi tidak sehat, maka akan diisolasi agar tidak menular atau disembelih saat Iduladha.

BACA JUGA:   Disnakkeswan Jateng Minta Kesehatan Hewan Ternak Dijaga, Musim Kemarau Rawan Terserang Penyakit

“Kemudian kepada masyarakat kami berpesan untuk benar-benar milih hewan kurban yang sehat, minimal bobot dan usianya sudah matang,” ungkap Agus.

Lebih rinci, mengenai kebutuhan kurban, untuk sapi diprakirakan mencapai sekitar 150 ribu ekor hingga 200 ribu ekor. Disnakkeswan Jateng telah menyiapkan sebanyak 250 ribu ekor sapi.

Sementara kebutuhan kerbau diprakirakan mencapai 5,5 ribu ekor dengan sstok yang disiapkan sebanyak 5,6 ribu ekor. Untuk kebutuhan kambing diprakirakan 250 ribu ekor dengan stok yang disediakan mencapai 270 ribu ekor.

BACA JUGA:   Ramai Peredaran Ratusan Anjing di Jateng, Satu Ekor Mati Diduga Rabies

Terakhir, kata Agus, kebutuhan domba di Jateng pada saat Hari Raya Kurban 2024 diprakirakan 90 ribu ekor dengan stok yang disediakan sebanyak 100 ribu ekor.

“Untuk kerbau itu kebutuhan di wilayah pantura seperti Muria terus Brebes. Dan paling kebutuhannya kita prakirakan kambing, mencapai 250.000 ekor,” tandas dia.

Share this Article