Ad imageAd image

Jasa Marga Siapkan 4 Jalan Tol Gratis Mudik Lebaran 2024

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 888 Views
2 Min Read
Ilustrasi jalan tol. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Jasa Marga menyiapkan empat ruas jalan tol untuk difungsikan secara khusus buat alternatif penanganan macet saat mudik 2024.

Sebagaimana diungkapkan oleh Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, jika tujuan jalan tol fungsional untuk membantu kurangi kemacetan lalu lintas selama mudik, pada Kamis (21/3/2024).

Operasional keempat jalur fungsional ini tidak bersifat kontinu, tetapi dijalankan sesuai kebijakan pihak kepolisian berdasarkan tingkat kepadatan lalu lintas.

Berikut 4 tol fungsional untuk mudik 2024:

BACA JUGA:   Inilah Beberapa Kendala Negtap e-Toll di Gerbang Tol

Jakarta-Cikampek II Selatan segmen Sadang-Kutanegara 8,5 Km (arus balik)

Jalur ini digunakan sebagai alternatif mengurangi kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang sangat ramai. Jalur ini akan dibuka untuk mengalirkan arus balik dari Bandung dan daerah sekitar menuju Jakarta.

Tambah lajur di Palikanci

Jasa Marga menyiapkan satu jalur tambahan, sehingga total menjadi tiga lajur, di Jalan Tol Palikanci dari KM 208+150 hingga KM 210+190. Panjang jalur tambahan ini sekitar 2,04 kilometer.

Cipularang KM 99

Apabila terdapat permintaan dari pihak kepolisian, Jasa Marga dapat mengaktifkan akses tol di KM 99 Jalan Tol Cipularang baik arah Jakarta maupun Bandung.

BACA JUGA:   Jasa Marga Catat Baru 18% Mobil Kembali Jabodetabek

Solo-Yogyakarta

Ruas jalur fungsional dari Colomadu hingga Ngawen diperluas sepanjang 22,3 kilometer. Saat mudik 2023, ruas yang diaktifkan hanya sepanjang 13 kilometer dari Kartasura hingga Karanganom.

Jalur ini terhubung dengan Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali kemudian terhubung pada Jalan Nasional Yogya-Solo.

Operasionalnya mulai pukul 06.00 – 17.00 pada 5-11 April 2024 (arus mudik) dan 12-15 April 2024 (arus balik) khusus kendaraan golongan 1 seperti sedan, jip, pikap/truk kecil, kecuali bus.

Share this Article
Leave a comment