Ad imageAd image

Jalur Terdampak Banjir di Grobogan Jateng Teratasi, Bisa Dilalui KA Kecepatan Terbatas

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 802 Views
3 Min Read
Kondisi terkini jalur yang terkena banjir sudah diatasi oleh PT KAI dan bisa dilalui KA dengan kecepatan terbatas, Selasa (6/2/2024). (Foto: PT KAI)

INDORAYA – Setelah melakukan sejumlah upaya percepatan perbaikan jalur hulu dan hilir antara Stasiun Gubug-Karangjati yang terdampak banjir sudah dapat dilalui oleh KA dengan kecepatan terbatas. Jalur hilir bisa dilalui KA sekitar pukul 11.30 WIB.

Sementara, jalur hulu di titik yang terdampak banjir itu bisa dilalui pada Selasa (6/2/2024) sekitar pukul 20.00 WIB.

KA 228 Blora Jaya relasi Semarang Poncol – Cepu menjadi KA pertama yg melewati jalur hulu dengan kecepatan 5 Km/ Jam pada pukul 20.47 Wib.

“KAI terus melakukan perbaikan lanjutan di jalur KA tersebut, agar Jalur Hilir dan Jalur Hulu di antara Stasiun Gubug- Karangjati dapat dilalui dengan kecepatan normal,” kata Manager Humas Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo melalui keterangan resminya, Selasa malam.

BACA JUGA:   DPU BMCK Jateng: Kemantapan Jalan Provinsi Capai 92 Persen, 4 Daerah di Pantura Masih Rusak Parah

Franoto mengatakan bahwa perbaikan atau normalisasi Jalur KA terus dilakukan dengan mengerahkan petugas prasarana jalan KA dan kendaraan perawatan jalan rel serta material yang dibutuhkan .

Sebelumnya diberitakan, Perjalanan lima kereta api (KA) dari Semarang -Surabaya terhambat banjir yang terjadi di Grobogan, Jawa Tengah (Jateng).

Terkait hal itu, Manager Humas Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo membenarkan terjadi banjir di antara lintas Semarang – Surabaya. Banjir yang terjadi pada Selasa (6/2/2024) sekitar pukul 05.03 WIB.

Oleh sebab itu, pihaknya segera melakukan upaya perbaikan jalur rel di lokasi tersebut. Salah satunya, petugas prasarana dan menyiapkan material juga dikerahkan.

BACA JUGA:   Wakapolda Jateng Sebut Jawa Tempati Kasus TPPO Tertinggi 

Untuk sementara jalur KA di lokasi tersebut tidak bisa dilewati oleh kereta api.

“KA 185 Blambangan ekspres itu dilakukan rekayasa pola operasi atau jalan memutar, KA 546 Kedungsepur dibatalkan perjalanannya, KA 230 Ambarawa Ekspres dibatalkan perjalanannya, serta KA 227 Blora jaya dilakukan rekayasa pola operasi atau jalan memutar, dan KA 231 Blora Jaya dilakukan rekayasa,” jelas Franoto melalui keterangan resminya, Selasa (6/2/2024).

Atas gangguan perjalanan kereta api tersebut, pihaknya menyampaikan permintaan maaf terhadap pelanggan kereta api.

BACA JUGA:   Lansia di Kendal Ditemukan Tewas Usai Tiga Hari Hanyut di Sungai

“Kami memohon maaf kepada pelanggan KA atas ketidaknyamanan akibat keterlambatan KA menuju maupun dari stasiun-stasiun wilayah Daop 4 Semarang,” ucap Franoto

Bagi pelanggan/ penumpang KA yang ingin membatalkan perjalanannya , menurutnya bisa diproses melalui loket -loket stasiun dan bakal dikembalikan 100 persen di luar bea pesan.

“Pembatalan dapat dilakukan 7 hari kedepan dari jadwal keberangkatan KA-nya,” paparnya .

KAI juga memberikan Service recovery (SR) berupa minuman , makanan ringan dan berat kepada pelanggan KA yang mengalami kelambatan akibat banjir tersebut.

Share this Article
Leave a comment