Ad imageAd image

Jalan Tol Solo-Jogja Mulai Dibuka Fungisonal 5 April, Gratis Selama Libur Lebaran

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 718 Views
2 Min Read
Ilustrasi ruas jalan tol. (Foto: Dok. PT Jasamarga)

INDORAYA – Ruas Jalan Tol Solo-Jogjakarta dioperasikan secara fungsional selama arus mudik dan arus balik Hari Raya Lebaran tahun 2024. Rencananya jalan tol dari Colomadu sampai Klaten ini dibuka mulai 5 hingga 13 April 2024.

“(Ruas tol Solo-Jogjakarta) dibuka fungsional, tanggal 5 sampai 11 (April) untuk jalur mudik, kemudian jalur baliknya 11 sampai 13 (April),” ujar Direktur Teknik PT Jasamarga Jogja-Solo (JMJ), Pristi Wahyono, saat dihubungi, Kamis (4/5/2023).

Dia mengatakan, sebenarnya saat ini pembangunan ruas tol yang menghubungkan Colomadu hingga Klaten ini masih belum selesai. Namun pada masa lebaran dioperasikan secara fungsional untuk mengurai kemacetan saat arus mudik dan arus balik.

BACA JUGA:   Mulai Hari Ini 3,5 Juta Keluarga di Jateng Dapat Bantuan Beras 10 Kilogram

“Memang tol Solo-Jogja masih dalam konstruksi belum selesai dan belum ada peresmian. Memang masih pengerjaan, (dibuka) fungsional, cuma lebaran kita pakai sebentar untuk mengatasi permasalahan arus mudik,” ungkap Pristi.

Saat beroperasi selama masa lebaran ini, pemudik yang melakukan perjalanan melewati ruas jalan tol tersebut tidak dikenakan biaya atau digratiskan.

“Untuk sementara kita gratiskan untuk masyarakat karena memang sifatnya hanya fungsional, dan sifatnya hanya sementara selama musim lebaran,” ucap dia.

Rencananya ruas jalan tol sepanjang 22,3 kilometer tersebut dibuka mulai pukul 05.00 hingga 17.00 WIB. Tol Solo-Jogjakarta tidak melayani pemudik di malam hari karena lampu dan dan rambu-rambu belum tersedia.

BACA JUGA:   Jelang Penetapan Upah Buruh 2024, Apindo Jateng: Jangan Sampai Dipolitisasi, Dibikin Gaduh

Pristi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tujuh posko mudik lebaran yang untuk melayani masyarakat. Nantinya pemudik yang ingin kecapekan di jalan bisa istirahat di posko yang didirkan PT Jasa Marga.

“Selama fungsional kita hanya menyiapkan posko-posko mudik, di sana yang disiapkan minimal ada toilet, ada ruang untuk istirahat sebentar, dan mengisi BBM,” tandasnya.

Share this Article
Leave a comment