Ad imageAd image

Jadwal Kedatangan Musim Hujan 2023

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 528 Views
2 Min Read
Ilustrasi hujan ringan. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim hujan secara umum akan terlambat datang dan terjadi pada November 2023.

Hujan itu, kata BMKG, tak datang serempak akibat tingginya keragaman iklim di Indonesia, dengan periode puncak musim hujan diprediksi umumnya terjadi di Januari dan Februari 2024.

“Musim Hujan pada tahun 2023/2024 umumnya akan tiba lebih lambat dibandingkan dengan biasanya. Curah hujan yang turun pada periode musim hujan 2023/2024 pada umumnya diprediksi akan normal dibandingkan biasanya,” ungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers daring, dikutip dari siaran pers BMKG, Jum’at (8/9/2023).

“Meskipun demikian ada beberapa daerah yang diprediksi mengalami curah hujan yang lebih tinggi atau lebih rendah dibandingkan biasanya,” tambah dia.

Berikut daftar lengkapnya:

September 2023

Sebanyak 24 Zona Musim (ZOM) atau 3,4 persen yang akan memasuki musim hujan, yang meliputi sebagian Sumatera Barat dan Riau bagian selatan.

Oktober 2023

Sekitar 69 ZOM (9,9 persen ) akan memasuki musim hujan, yaitu Jambi, Sumatera Selatan bagian utara, Jawa Tengah bagian selatan, sebagian wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian barat, dan sebagian besar Kalimantan Timur.

November 2023

Sebanyak 255 ZOM (36,5 persen) akan memasuki musim hujan. Daerahnya meliputi Sumatera Selatan, Lampung, sebagian besar Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur, Bali;

Sebagian kecil NTB, sebagian kecil NTT, Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Sulawesi Selatan, Maluku Utara bagian utara, dan Papua Selatan bagian selatan.

Desember 2023

Sebanyak 153 ZOM (21,9 persen ) diperkirakan akan memasuki Musim Hujan, termasuk sebagian besar Jawa Timur bagian utara, sebagian wilayah NTB, sebagian NTT, sebagian besar Sulawesi Tenggara, dan sebagian Maluku.

Januari 2024

Sebanyak 22 ZOM (3,2 persen) diperkirakan akan mengalami awal musim hujan.

Share this Article