Ad imageAd image

Istri, Anak hingga Cucu SYL Dipanggil Jaksa Jadi Saksi Sidang Kasus Korupsi

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 721 Views
2 Min Read
eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Tim Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil istri, anak, hingga cucu eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk menjadi saksi dalam sidang pada Senin (27/5/2024).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan mereka menjadi saksi untuk mendalami aliran dana dalam kasus pemerasan dan gratifikasi yang diduga dilakukan SYL.

“Guna mendalami peruntukkan dan aliran uang yang diterima terdakwa Syahrul Yasin Limpo dkk, bertempat di Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat, Tim Jaksa KPK akan hadirkan saksi-saksi,” kata Ali dalam keterangannya, Senin.

“Ayun Sri Harahap (istri Syahrul Yasin Limpo), Kemal Redindo (anak Syahrul Yasin Limpo), dan Andi Tenri Bilang (cucu Syahrul Yasin Limpo),” imbuhnya.

Ali Andri selaku pengurus rumah pribadi SYL juga akan menjadi saksi dalam sidang kali ini. Selain itu, Ali menjelaskan tim jaksa KPK memanggil sejumlah staf Kementerian Pertanian untuk bersaksi dalam sidang.

“Joice Triatman (Staf Khusus Mentan), Yuli Eti Ningsih (Staf Biro Umum Kementan) Ubaidah Nabhan (honorer Sekjen Kementan),” ucapnya.

Kemudian, Ali mengatakan KPK turut memanggil saksi yang berkaitan dengan NasDem untuk membuat terang kasus ini. Saksi tersebut adalah Lena Janti Susilo selaku Accounting pada NasDem Tower.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi dari internal Kementan, SYL diduga memanfaatkan uang diduga hasil korupsi untuk kepentingan pribadi dan keluarga. Misalnya seperti untuk umrah, membayar sewa mobil, hingga perawatan kecantikan.

SYL diadili atas kasus dugaan pemerasan hingga mencapai Rp44,5 miliar dan gratifikasi dianggap suap sejumlah Rp40,6 miliar selama periode 2020-2023.

Share this Article