Ad imageAd image

Industri Jasa Keuangan Stabil, Aset Perbankan di Jateng Capai Rp 513 Triliun

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 662 Views
2 Min Read
Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Sumarjono

INDORAYA – Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Tengah (Jateng) mencatat aset perbankan di provinsi ini mencapai Rp 513 triliun pada November 2023. Jumlah ini tumbuh 4,05 persen yoy dibanding tahun 2022.

Kepala OJK Provinsi Jateng Sumarjono menilai hal ini karena kinerja industri jasa keuangan sampai November 2023 dalam kondisi stabil. Kinerjanya tumbuh positif, likuiditas memadai dan tingkat risiko tetap terjaga di tengah dinamika ekonomi global.

Menurutnya, kondisi perekonomian Jateng yang cukup baik tersebut tidak terlepas dari stabilitas industri jasa jeuangan di Jateng. Hal ini terlihat dari indikator penyaluran pembiayaan dan kondisi likuiditas yang tumbuh positif.

BACA JUGA:   Kampanye Terbuka, Bengkel di Jateng Dilarang Layani Pemasangan Knalpot Brong

“Kinerja Perbankan di Jawa Tengah pada November 2023 secara umum terjaga dengan baik dan mengalami peningkatan dibandingkan 2022. Aset perbankan di Jawa Tengah mencapai Rp 513,16 triliun atau tumbuh sebesar 4,05 persen yoy,” kata Sumarjono.

Dia merinci dari sisi penghimpunan dana, dana pihak ketiga (DPK) perbankan di Jateng mencapai Rp 398,64 triliun atau tumbuh sebesar 4,15 persen yoy.

Untuk penyaluran kredit di Jateng mencapai Rp 367,68 triliun atau tumbuh 6,59  persen yoy. Fungsi intermediasi berjalan dengan baik, hal ini tercermin dari rasio Loan to Deposit (LDR) yang mencapai 92,23 persen.

BACA JUGA:   Miris! Ada Ribuan Kasus Kekerasan Perempuan di Jateng, Korban Masih Sulit Mengakses Keadilan

Tercatat di OJK Provinsi Jateng bahwa pada November 2023, share penyaluran kredit kepada UMKM mencapai 49,19 persen dan tumbuh sebesar 7,17 persen yoy.

“Share angka penyaluran kredit tersebut telah melampaui target yang ditetapkan oleh pemerintah agar kredit kepada UMKM dapat mencapai setidaknya 30 persen pada 2024,” tandas Sumarjono.

Share this Article
Leave a comment