Ad imageAd image

Indonesia Daftar Jadi Anggota IMO 2024-2025

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 899 Views
2 Min Read
Indonesia Daftar Jadi Anggota IMO 2024-2025. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Indonesia mendaftar sebagai Anggota Dewan IMO Kategori C Periode Tahun 2024-2025.

Keanggotaan Indonesia dalam Dewan IMO Kategori C Periode 2022-2023 akan segera berakhir pada Desember tahun ini dan proses pemilihannya akan dilaksanakan dalam salah satu agenda Sidang Majelis IMO ke-33 pada 27 November hingga 6 Desember 2023.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha menyampaikan keanggotaan Indonesia dalam Dewan IMO memiliki peranan yang penting mengingat Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dan menjadi kunci dalam perdagangan global, dengan lebih dari 80 persen perdagangan dunia diangkut melalui jalur laut.

Selain itu, letak geografis Indonesia yang strategis, dengan adanya Selat Malaka, Selat Sunda, dan Selat Lombok yang dilalui oleh kapal-kapal dari Eropa menuju wilayah timur atau Australia.

“Sehingga kami mengharapkan dukungan dari semua pihak agar Indonesia dapat kembali terpilih sebagai anggota Dewan IMO Kategori C Periode 2024-2025,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (29/5/2023).

Keanggotaan Indonesia di Dewan IMO akan memperkuat visi dan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia melalui diplomasi maritim dalam politik luar negeri, serta memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk berpartisipasi dalam menentukan kebijakan dunia dalam sektor kemaritiman.

“Adapun peluncuran Logo, Tagline, dan Website: www.indonesiaforimo.com ini merupakan langkah awal dalam kampanye pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan IMO Kategori C Periode 2024-2025,” ujar Arif.

Informasi lebih lanjut terkait pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan IMO periode 2024 – 2025 dapat langsung mengakses website www.indonesiaforimo.com .

Share this Article
Leave a comment