Ad imageAd image

Ikan Hiu Tutul 1,5 Ton Terdampar di Pantai Selatan Purworejo

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 615 Views
2 Min Read
Ilustrasi ikan hiu terdampar. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Seekor ikan hiu tutul terdampar di pantai Selatan Purworejo, tepatnya di Desa Pagak Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Hitu itu diperkirakan berukuran sekitar tujuh meter dengan bobot diperkirakan1,5 ton.

Camat Ngombol Bangun Erlangga, pemerintah desa mendapat laporan adanya seekor ikan hiu tutul yang terdampar di pantai dalam kondisi sekarat. Laporan itu dia terima, pada Kamis (7/9) malam sekitar pukul 24.00 WIB.

“Memang sejumlah nelayan berupaya membantu untuk mengevakuasi agar hiu tersebut bisa kembali ke laut, namun kondisi peralatan dan kondisi di lapangan tidak memungkinkan,” katanya, di Purworejo, Jumat (8/9/23).

BACA JUGA:   Sambangi Lansia di Banyumanik, Mbak Tunjung Kenalkan KIS Lansia Program Prabowo-Gibran

Dia juge mengungkapkan, selanjutnya pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait yang menangani, meliputi Dinas Lingkungan Hidup yang membidangi kelautan dan perikanan dan BPBD.

“Kondisi hiu yang kemudian mati tersebut diputuskan dilakukan proses evakuasi untuk penguburan di lokasi yang memungkinkan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perikanan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purworejo Suyut menyampaikan bangkai ikan hiu yang terdampar tersebut telah dikubur.

“Kesepakatan kami setelah berunding dengan Dinas Perikanan harus dikubur, karena kalau tidak di kubur kami khawatirkan akan menimbulkan bau tidak sedap,” ucapnya.

BACA JUGA:   Polda Jateng Berhasil Tangkap 78 Tersangka Penyalahgunaan Narkoba Selama 2 Bulan

Ia menyampaikan bangkai ikan tersebut harus dikubur agar baunya tidak menyebar dan membahayakan warga. Saat ini, bangkai hiu itu telah dikubur di sekitar lokasi penemuan dengan menggunakan alat berat.

Share this Article