Ad imageAd image

Hore! THR PNS Dalam Waktu Dekat Cair, Ada Tambahan Tunjangan 50 Persen

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 85 Views
2 Min Read
ilustrasi tunjangan hari raya (dok. istimewa)

INDORAYA – Dalam waktu dekat Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan segera dicairkan. Kementerian Keuangan memastikan anggaran sudah tersedia jauh-jauh hari.

Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kemenkeu Made Arya Wijaya mengatakan, anggaran THR PNS itu bahkan sudah ada dan sudah disalurkan kepada kementerian atau lembaga terkait.

“Untuk pembayaran THR pada dasarnya anggaran sudah dialokasikan di masing-masing kementerian atau lembaga,” kata Made, Jumat (15/4/2022).

Dia menuturkan, Kemenkeu sudah menyiapkan mekanisme pencairan THR melalui aturan pelaksanaan. Rencananya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan menyampaikan mekanisme tersebut pada Sabtu (16/4/2022).

BACA JUGA:   Seorang Ibu Rumah Tangga di Tasikmalaya Meninggal Usai Mengikuti Lomba Balap Karung

“Mekanisme pencairannya sudah disiapkan aturan pelaksanaannya. Penjelasan secara detail akan disampaikan oleh Menteri Keuangan pada hari Sabtu, 16 April 2022. Silakan disimak dengan baik,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Pesiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa tunjangan hari raya (THR) bagi pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) segera cair dalam waktu dekat.

Kepastian mengenai pencairan gaji ke-13 dan THR ini berlaku untuk seluruh ASN, TNI, Polri, ASN daerah, pensiunan, penerima pensiun, dan pejabat negara.

Selain THR, PNS juga akan mendapatkan gaji ke-13 dan tambahan tunjangan kinerja (tukin) sebesar 50 persen. Tunjangan tersebut diberikan untuk ASN, TNI, dan Polri aktif yang memiliki tunjangan kinerja.

BACA JUGA:   Mau Kerja di BUMN? Anak Perusahaan PT KAI Buka Lowongan, Cek Di Sini

Dalam pidato Presiden tentang THR dan gaji 13 tahun 2022 tersebut, Jokowi juga menjelaskan bahwa secara teknis pencairan THR PNS 2022 diatur oleh instansi terkait.

“Ketentuan lebih lanjut mengenai teknis pemberian THR dan gaji ke-13 ini, akan diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan untuk yang bersumber dari APBN dan Peraturan Kepala Daerah untuk yang bersumber pada APBD,” pungkas Jokowi.(FZ)

TAGGED: , ,
Share this Article