Ad imageAd image

Heri Pudyatmoko: Keragaman Jadi Kekuatan Politik Inklusif

Panji Bumiputera
By Panji Bumiputera 921 Views
2 Min Read
Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Heri Pudyatmoko

INDORAYA – Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Heri Pudyatmoko menilai bahwa keragaman identitas, budaya, serta agama yang ada di negara ini dapat menjadi kekuatan politik yang inklusif terhapat semua kalangan masyarakat.

Menurutnya, kegiatan politik tidak bisa dilepaskan dari identitas setiap orang. Setiap politisi memiliki keragaman identitas yang menjadi keunikan dan keunggulan.

Akan tetapi, Heri mengatakan, perbedaan tersebut harus harmoni dengan nilai, ideologi, serta filosofi kebangsaan yang menjadi pedoman dalam berpolitik.

“Identitas setiap individu selalu berkorelasi dengan realitas sosial tempatnya bertumbuh. Identitas dan semangat kesatuan mengalami tantangan melalui bermacam distorsi politik,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Mahfud Md Gelar Rakor Bersama TNI-Polri, Bahas Stabilitas Pemilu

Ia mengatakan, distorsi politik tersebut kemudian mengerucut pada tujuan utama demokrasi. Terutama dengan mempersatukan beragam identitas dari para pelaku politik.

Menurutnya, kesatuan identitas tersebut tidak mungkin dipecah begitu saja tanpa alasan mendasar.

Namun begitu, kata Heri, keragaman identitas dapat menjadi masalah apabila atribut diri yang dimiliki setiap orang digunakan untuk memanipulasi keadaan demi tujuan politik.

“Setiap orang dijamin hak dan kebebasannya, terlepas dari latar belakangnya. Negara yang demokratis tidak melihat orang berdasarkan identitasnya,” ungkapnya.

“Jadi sikap-sikap berpolitik yang menggunakan identitas sebagai alat serangan, justru menunjukkan ketidakdewasaan dalam berpolitik,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Jokowi Ungkap Pesan untuk Cawapres; Tak Saling Fitnah dan Menjelekan

Heri mengatakan bahwa tugas masyarakat saat ini, khususnya menjelang Pemilu, ialah menyudahi ragam kebencian terhadap perbedaan. Salah satunya dengan menghentikan orientasi kesejahteraan publik dengan label dan atribut tertentu.

“Negara kita negara demokrasi, keragaman yang menyatukan kita, dan dengan gotong royong kita seharusnya mampu menguatkan negara ini untuk mencapai kemajuan,” pungkasnya. [Adv-Indoraya]

Share this Article
Leave a comment