Ad imageAd image

Heri Pudyatmoko Ingin Tradisi Dan Kearifan Lokal di Daerah Tetap Lestari

Redaksi
By Redaksi 151 Views
2 Min Read
Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko saat menyerahkan bantuan alat pertanian kepada warga Desa Rejosari, Kecamatan Pringsurat, Temanggung.

INDORAYA – Puluhan orang berkumpul di Desa Rejosari, Kecamatan Pringsurat, Temanggung, Sabtu (26/2/2022). Mereka datang dari berbagai dusun di desa itu untuk menyemarakkan acara Merti Desa yang kerap diselenggarakan dipenghujung bulan Rajab guna menyambut datangnya puasa di wilayah itu.

Kemeriahan semakin terasa dengan adanya arak-arakan atau pawai dari suguhan kreativitas masing-masing dusun. Ada yang suguhkan drumband, kesenian topeng ireng, kelompok terbangan, pengajian anak-anak dan majelis taklim desa setempat. Mereka berjalan memutar desa.

Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko turut hadir di acara tersebut. Dia hanyut dalam kebahagiaan bersama warga desa. Sebagai tanda kehormatan dari warga Desa Rejosari untuknya, Heri didapuk untuk melepas balon dan mengangkat bendera untuk melepas pawai kesenian. Berkali-kali politikus Partai Gerindra itu harus menyapa warga. Turut bersamanya, Kepala Desa Rejosari, Sriyono Budiyanto serta kamitua dari masing-masing dusun.

Heri Pudyatmoko yakin acara Merti Desa merupakan bagian dari kearifan lokal setempat. Dengan melihat animo masyarakat, tua, muda, anak, laki-kali, perempuan yang sengkuyung bareng meramaikan acara, dia yakin acara yang sudah berjalan secara turun temurun itu tetap lestari. Merti Desa baginya merupakan sebuah media komunikasi antarwarga. Dalama cara itu semua warga berkumpul, saling menyapa, sengkuyung guna menyemarakkan acara itu.

“Saya ingin Merti Desa ataupun kearifan lokal dan budaya di tiap-tiap daerah harus lestari. Budaya ini jangan hilang, sebagai identitas dan kearifan lokal budaya setempat. Saya yakin dengan melihat antusias warga, Merti Desa tidak akan hilang,” ucapnya.

Di sela-sela acara itu, Heri turut menyerahkan sebuah traktor hasil aspirasinya dari bantuan pemerintah untuk membantu petani dalam membajak sawah. Bantuan itu diharapkan turut bisa membuat petani bersemangat.

“Kami harapkan dengan bantuan alat pertanian ini, bisa membantu kinerja petani dalam menggarap lahan persawahannya. Sehingga membawa kemakmuran bagi desa setempat,” tegasnya.(IR)

Share this Article