Ad imageAd image

Heri Pudyatmoko Dorong Pemerataan Kebutuhan Tenaga Pengajar Daerah Jateng

Panji Bumiputera
By Panji Bumiputera 931 Views
2 Min Read
Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Heri Pudyatmoko

INDORAYA – Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Heri Pudyatmoko mendorong terciptanya pemerataan persebaran jumlah pengajar di daerah-daerah Jawa Tengah.

Menurut Heri, target jumlah guru melalui pengangkatan Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) harus mampu memecahkan maslaah kesenjangan sebaran pengajar.

“Program pengangkatan guru memang selalu ada, tapi terkadang jumlahnya tidak mampu menutupi kebutuhan persebaran di daerah,” ungkap Heri.

Tak hanya soal persebaran pengajar, Heri juga menekankan bahwa kesiapan guru dalam memberikan pengajaran juga penting untuk diperhatikan.

BACA JUGA:   Rossi Pensiun, MotoGP Tetap Aman

“Kecukupan secara jumlah saja saya kira belum memecahkan masalah yang dihadapi. Setelah jumlahnya cukup, lebih penting dari itu guru harus memenuhi kualifikasi yang baik untuk mengajar,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, pada Kamis (14/3/2024) lalu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengumumkan jumlah formasi pada seleksi guru ASN dengan status ASN PPPK 2024 yakni sebanyak 419.146 formasi guru.

Jumlah formasi tersebut direncanakan untuk menyelesaikan target 1 juta guru yang sudah dicanangkan sejak tahun 2020.

BACA JUGA:   Belum Maksimal, DPRD Jateng Minta Mitigasi Bencana Alam Perlu Fokus Pada Dua Hal Ini

Jangan sampai, lanjut Heri, tenaga pengajar yang sudah diangkat menjadi ASN PPPK tidak mampu menjawab tantangan yang ada.

“Dengan terpenuhinya kebutuhan guru di daerah-daerah, diharapkan mampu membawa pembangunan SDM kita semakin baik dan melahirkan generasi penerus bangsa yang tangguh dan berdaya saing,” pungkasnya. [Adv-Indoraya]

Share this Article
Leave a comment