Ad imageAd image

Heri Pudyatmoko Ajak Warga Jateng Manfaatkan Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

Panji Bumiputera
By Panji Bumiputera 11.9k Views
3 Min Read
Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah (Jateng) Heri Pudyatmoko

INDORAYA – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Heri Pudyatmoko mengajak warga Jateng untuk memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor. Program pemutihan tersebut telah dibuka oleh Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bapenda) Jateng pada akhir Agustus 2023 lalu.

Heri mengatakan, program pertama yang bisa dimanfaatkan oleh para wajib pajak yaitu program Bebas Pokok Pajak Kendaraan Bermotor Tunggakan Tahun Kelima yang berlaku mulai 28 Agustus hingga 22 Desember 2023. Melalui ini, warga dibebaskan membayar denda dan pokok pajak kendaraan bermotor tunggakan tahun kelima.

“Program yang dihadirkan oleh Pemprov Jateng ini bisa segera dimanfaatkan, karena ini sifatnya memberi kemudahan dalam hal biaya. Silahkan dibayarkan yang mau yang nunggak 1, 2, atau 3 tahun, bayar tanpa denda sama sekali. Kalau punya tunggakan tahun kelima justru itu yang kita harapkan pada bayar,” ujarnya.

BACA JUGA:   Tak Gentar Bertarung di Jateng 'Kandang Banteng', Gerindra Optimis Menangkan Prabowo Pilpres 2024

Selanjutnya program kedua yaitu Bebas Sanksi Administrasi Pajak Kendaraan Bermotor yang telah dimulai 28 Agustus hingga 30 September 2023. Program ini memberikan bebas denda bagi wajib pajak yang telat membayar pajak perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

“Ini juga kesempatan bagi yang telat membayar atau memperpanjang STNK motornya bisa dimanfaatkan. Kalau yang biasanya telat bayar kena denda, tapi dengan adanya program dari pemerintah ini telat bayar STNK dendanya dihilangkan, jadi bisa dimaksimalkan lah program ini,” beber Heri.

BACA JUGA:   Peringati Hari Ulang Tahun Ke 14, DPD Gerindra Jateng Bagikan Ribuan Paket Sembako di Tengah Pandemi

Selain dua program tersebut, Bapenda Jateng juga masih membuka Bebas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atas kendaraan bekas atau mutasi kendaraan (BBNKB II). Program ini sudah dibuka mulai 26 April hingga 22 Desember 2023.

Heri mengatakan, selain memberikan keringanan dalam segi biaya, program pemutihan pajak kendaraan bermotor ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam menunaikan kewajibannya membayar pajak sesuai yang dibebankan.

Lebih lanjut dia mengajak seluruh warga, khsusnya para wajib pajak, untuk segera memanfaatkan program tersebut sesuai tenggat waktu yang ditentukan. Heri berharap dengan adanya program ini masyarakat dapat menyadari kewajibannya sebagai warga negara.

BACA JUGA:   DPD Gerindra Jateng Marah, Sampai Tingkat DPC Laporkan Edy Mulyadi Polisi

“Sebagaimana kita tahu membayar pajak adalah kewajiban bagi warga negara Indonesia, terutama mereka yang sudah dikenai tanggung jawab perpajakan. Pajak tersebut nantinya juga kan kembali kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan, fasilitas, dan jaminan sosial untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. [Adv-Indoraya]

Share this Article
Leave a comment