Ad imageAd image

Hari Kebangkitan Nasional, Pemprov Jateng Dorong Peningkatan Digitalisasi Sektor Pelayanan Publik

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 821 Views
2 Min Read
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno. (Foto: Dok. Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) mengikuti upacara Hari Kebangkitan Nasional 2024 di Halaman Kantor Gubernur Jateng, Senin (20/5/2024).

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Jateng, Sumarno mendorong peningkatan digitalisasi di sektor pelayanan publik. Menurutnya, Hartiknas 2024 merupakan momentum meningkatkan penguasaan teknologi informasi di berbagai aspek kehidupan.

Dia menekankan, ke depan semua sektor termasuk pelayanan publik mengalami digitalisasi. Sebagaimana tema Harkitnas 2024 “Bangkit untuk Indonesia Emas”, maka semua harus bangkit memajukan persatuan bangsa. Salah satunya dengan peningkatkan penguasaan teknologi.

BACA JUGA:   Pemkab Batang Diminta Siapkan SDM Untuk Berkontribusi di KITB

“Untuk layanan publik, hampir semua layanan di Pemprov Jateng sudah masuk digitalisasi. Itu harus kita dorong terus, karena dengan layanan digitalisasi, layanan menjadi lebih cepat, akurat, dan transparan,” kata Sekda.

Sumarno menyebutkan, perkembangan digitalisasi juga diikuti oleh pemerintah kabupaten/kota di Jawa Tengah. Mulai dari pengelolaan keuangan sampai pelayanan satu pintu, Pemprov Jateng dan pemda terus memaksimalkan digitalisasi.

“Bahkan di pelayanan terpadu satu pintu, antara pemohon perizinan tidak lagi bertemu langsung dengan petugas dari pemerintah,” kata dia.

BACA JUGA:   Republik Ceko Jalin Kerjasama Dengan Pemprov Jateng Karena Tertarik Dengan Karimunjawa

Di luar itu, Sumarno juga meningkatkan tentang momentum bonus demografi yang sedang terjadi. Menurutnya, peluang ini harus bisa ditangkap dengan baik, agar Indonesia lebih unggul dan cita-cita Indonesia Emas 2045 dapat terwujud.

“Kebangkitan nasional ini diharapkan menjadi spirit kita di masa sekarang, bahwa kita butuh bangkit lagi. Kemarin kita sudah bangkit dari kondisi Covid-19 dan krisis, tapi kita punya cita-cita mulia bahwa kita harus bangkit dari sisi teknologi,” tandasnya.

Share this Article