Ad imageAd image

Harap Kebudayaan Ikut Jadi Fokus Pemerintahan Prabowo, Pelaku Seni: Aksesnya Perlu Ditingkatkan

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 717 Views
2 Min Read
Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Wacana pembentukan Kementerian Kebudayaan sempat mencuat, dengan para pelaku seni berharap agar kebudayaan mendapat perhatian khusus dalam pemerintahan Prabowo-Gibran.

Prabowo saat ini tengah menyusun kabinet untuk pemerintahannya mendatang, namun belum jelas apakah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan dipisah menjadi dua entitas terpisah.

Seorang aktris sekaligus pelaku seni, Happy Salma mengungkapkan pihaknya sangat antusias mendengar kabar bahwa Kementerian Kebudayaan akan berdiri sendiri.

“Dengan begitu, fokusnya akan luar biasa,” kata Happy Salma, dalam pernyataan tertulis yang diterima Selasa (14/5/2024).

BACA JUGA:   Ikatan Alumni Unair Usulkan Adanya Kementerian yang Tangani Teknologi di Pemerintahan Prabowo

Happy Salma menyatakan bahwa selama lima tahun terakhir, Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah memberikan perhatian dan dukungan luar biasa terhadap seni dan budaya. Kolaborasi antara pemerintah dan swasta juga dinilai berjalan baik.

Namun, menurut Happy Salma, keberadaan Kementerian Kebudayaan yang terpisah akan membuat kebijakan terkait kebudayaan menjadi lebih spesifik dan terarah. Selain itu, administrasi juga akan menjadi lebih mudah.

“Dulu, hampir semua kegiatan seni dan budaya hanya didanai oleh swasta melalui CSR. Sekarang, ada kolaborasi antara swasta dan pemerintah, sehingga kita memiliki banyak sumber daya untuk menghidupkan seni dan budaya,” ujarnya.

BACA JUGA:   Begini Tanggapan Gerindra Soal Luhut Siap Bantu Pemerintahan Prabowo

“Dari sisi administrasi, kebudayaan mungkin akan lebih mudah diatur. Kita berada di bawah satu naungan bangsa, sehingga semua bidang, termasuk pariwisata, bukan hanya pendidikan, akan saling berhubungan,” tambahnya.

Happy menilai banyak program pemerintah terkait kebudayaan yang sudah berjalan baik dan berharap hal ini dapat diteruskan. Ia juga berharap kabinet baru nantinya dapat meningkatkan akses dan komunikasi informasi terkait kebudayaan, sehingga para pelaku seni dan budaya di seluruh Indonesia dapat lebih mudah terhubung dengan pemangku kepentingan.

BACA JUGA:   PAN Usulkan Nama Zulhas Hingga Eddy Jadi Calon Menteri Prabowo

“Banyak program luar biasa yang sudah ada, semoga tetap bisa berjalan dan tidak perlu memulai dari nol lagi. Sekarang sudah sangat baik. Mungkin yang perlu ditingkatkan adalah akses dan komunikasi informasi. Saat ini banyak konten bagus, dan akses serta komunikasi informasi harus lebih mudah dan jelas,” pungkasnya.

Share this Article
Leave a comment