Ad imageAd image

Hadiri WWF di Bali, AHY Usul Pembentukan Lembaga Khusus Pengelolaan Air ke Jokowi

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 776 Views
2 Min Read
AHY di WWF Bali. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengusulkan pembentukan lembaga khusus untuk mengurus masalah air saat berbicara di World Water Forum ke-10 di Bali.

AHY berencana menyampaikan usulan ini kepada Presiden Jokowi, meskipun ia tidak memiliki kewenangan langsung untuk membentuk lembaga tersebut.

“Kami tidak punya kewenangan secara langsung (membentuk lembaga) tetapi tentu saya akan melaporkan sekaligus juga memberikan masukan-masukan sebagai pembantu presiden,” kata AHY sehabis menghadiri acara tersebut di Nusa Dua, Bali, Rabu (22/5/2024).

BACA JUGA:   AHY Tegaskan Bakal Bela Rakyat Berhadapan dengan Mafia Tanah

Dia merasa penting untuk mengintegrasikan manajemen air dari tingkat pusat hingga daerah. AHY menyebut bahwa beberapa negara lain sudah memiliki institusi serupa.

Tujuan dari lembaga nasional ini adalah untuk memanajemen air dengan lebih baik guna mengatasi tantangan keberlanjutan air di masa depan.

“Menurut saya, badan air nasional atau apapun namanya ini diharapkan bisa jadi wadah besar bagi penataan manajemen air menghadapi krisis air yang cepat atau lambat, siap atau tidak harus menghadapi itu,” katanya.

Dalam Forum Session Local and Regional Government Forum di BNDCC, Nusa Dua, Bali, AHY menekankan pentingnya lembaga pusat yang dapat mengintegrasikan dan menyinkronkan kebijakan serta tindakan strategis terkait pengelolaan air untuk penggunaan yang adil dan berkelanjutan.

BACA JUGA:   AHY Beberkan Masih Banyak Persoalan Tanah di Indonesia

“Lembaga air ini harus dapat mengatasi masalah yang paling mendasar yaitu ego sektoral, dan juga tumpang tindih (overlapping) kepentingan antarpemangku kepentingan,” sebut dia.

Share this Article