Ad imageAd image

H-10 Lebaran, 52 Persen Tiket KA Daop 4 Semarang Ludes Terjual

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 631 Views
4 Min Read
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 4 Semarang mencatat jumlah kereta api yang sudah terjual 220.943 ribu atau masih 52 persen dari total yang disediakan. (Foto: PT KAI Daop 4 Semarang)

INDORAYA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 4 Semarang mencatat jumlah kereta api yang sudah terjual 220.943 ribu atau masih 52 persen dari total yang disediakan.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo menyampaikan, selama masa angkutan lebaran 2024, pihaknya menyiapkan 421.020 ribu tiket.

“Untuk keberangkatan KA dari Daop 4 Semarang dari tanggal 31 Maret (H-10) sampai dengan 21 April 2024 (H+10), yakni 220.943 tiket atau masih 52 persen dari total keseluruhan,” jelas Franoto saat dikonfirmasi, Minggu (31/3/2024).

Menurut Franoto, penjualan tiket banyak untuk keberangkatan pada tanggal 5 April 2024 (H-5) sebanyak 61 persen dan tanggal 6 April (H-5) sebanyak 69 persen. Lalu pada tanggal 14 April (H+3) sebanyak 51 persen.

“Jumlah tersebut masih akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung. Bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket KA untuk periode lebaran, dapat segera melakukan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, dan berbagai mitra penjualan resmi lainnya yang bekerja sama dengan KAI,” ujarnya.

BACA JUGA:   Cuaca Ekstrem dan Sampah Perparah Kerusakan Ekosistem Mangrove di Pesisir Semarang

KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih tersedia. Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

“KAI juga mengimbau kepada seluruh pelanggan agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju stasiun keberangkatan. Hal ini sebagai upaya menghindari kemungkinan tertinggalnya kereta api,” pesan Franoto.

Selain itu juga terdapat program angkutan Motor Gratis (Motis) yang kembali digelar oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan. Motis adalah program tahunan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan untuk masyarakat yang mudik beserta dengan motor yang diangkut menggunakan kereta api secara gratis.

BACA JUGA:   Gelombang Tinggi, Nelayan Tambakrejo Semarang Urungkan Niat Mencari Ikan di Laut

Adapun tujuan diselenggarakannya program Motis ini supaya jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran dapat ditekan, sehingga tingkat keselamatan meningkat.

Motis 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 2-8 April 2024 untuk angkutan Arus Mudik. Sementara layanan Motis 2024 untuk angkutan Arus Balik akan diselenggarakan pada 13-19 April 2024.

Masyarakat memiliki kesempatan untuk membeli 2 tiket penumpang dengan tarif Rp0 untuk angkutan motor dan hanya Rp10 ribu s.d Rp20 ribu untuk tarif penumpangnya. Untuk info lebih lanjut terkait Motis, masyarakat dapat mengakses mudikgratis.dephub.go.id atau akun Instagram @motis_2024.

BACA JUGA:   Gelaran Semarang 10K Sukses Digelar, Wali Kota Semarang: Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Wilayahnya

“Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa Angkutan Lebaran, KAI memastikan akan mengantar pelanggan dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya. Sehingga momen mudik bersama keluarga dapat berjalan dengan ceria dan penuh cerita bermakna,” tutup Franoto.

Pendaftaran program Motis 2024 telah dimulai sejak 4 Maret sampai dengan 18 April 2024 melalui website mudikgratis.dephub.go.id dengan melayani 3 lintas pelayanan meliputi:

1. Lintas Utara (PP): Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang Tawang Bank Jateng.

2. Lintas Tengah (PP): Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo.

3. Lintas Selatan (PP): Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun.

Share this Article
Leave a comment