Ad imageAd image

Gunung Semeru Meletus, Status Naik Jadi Awas

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 118 Views
1 Min Read
Gunung Semeru naik status menjadi awas (Foto:Istimewa)

INDORAYA – Menurut Kepala Pusat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan saat ini Gunung Semeru naik status dari level waspada saat ini menjadi awas, pada Minggu (04/12/2022).

Status Gunung Semeru dinaikkan dari Siaga (Level 3) menjadi Awas (Level 4) terhitung hari Minggu 4 Desember 2022 pukul 12.00 WIB,”  kata Hendra Gunawan.

PVMBG mengimbau agar masyarakat menggunakan masker agar mencegah masuknya debu vulkanik ke saluran pernafasan.

Selain itu Gunawan meminta agar tidak ada aktivitas dalam radius delapan kilometer dari puncak dan sektoral arah tenggara (Besuk Kobokan dan Kali Lanang) sejauh 19 kilometer dari puncak.

BACA JUGA:   Jateng Jadi Provinsi Paling Sering Banjir, Pimpinan DPRD Minta Pemerintah Evaluasi Skema Penanggulangan

“Tidak ada aktivitas dalam radius 8 km dari puncak, dan sektoral arah Tenggara (Besuk Kobokan dan Kali Lanang) sejauh 19 km dari puncak. Surat resmi peningkatan status segera disampaikan,” ujar Hendra Gunawan dalam keterangan tertulis.

Sebelumnya, Semeru erupsi sekitar pukul 02.46 WIB dengan tinggi kolom abu 1.500 meter di atas puncak gunung sekitar 5.176 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 0 detik.

BACA JUGA:   Masih Banyak Guru Digaji Rp 500 Ribu, PGRI Jateng Harap Kesejahteraan Honorer Lebih Ditingkatkan
Share this Article
Leave a comment