Ad imageAd image

Gunung Merapi Siaga, Sejumlah Objek Wisata Ditutup Sementara

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 880 Views
2 Min Read
Gunung Merapi erupsi (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Sejumlah objek wisata alam di wilayah Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) ditutup sementara imbas erupsi Gunung Merapi sejak Sabtu (11/03/2023).

Hal tersebut disampaikan melalui surat bernomor PG. 04/BTNGM/TU/Ren/03/2023 yang diterbitkan Minggu (12/03/2023).

Kepala Balai TNGM Muhammad Wahyudi menyebutkan sejumlah obyek wisata yang ditutup sementara antara lain Objek Wista Alam Jurang Jero, Tlogo Muncar dan Kalikuning-Plunyon.

“Sebagai upaya mitigasi dalam menghadapi ancaman bahaya erupsi Gunung Merapi tersebut, maka kami sampaikan aktifitas Objek Wista Alam Jurang Jero; Objek Wisata Alam Tlogo Muncar dan Objek Wisata Alam Kalikuning-Plunyon, ditutup sementara terhitung mulai 12 Maret 2023,” kata Wahyudi.

BACA JUGA:   Merapi Erupsi, 11 Kecamatan Terdampak Abu Vulkanik

Penutupan objek wisata itu merupakan buntut kejadian rangkaian luncuran awan panas sejak Sabtu kemarin, dan hasil pengamatan Berdasarkan laporan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

Selain itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyebut objek wisata Bunker Kaliadem dan Penambangan di Kali Gendol sudah steril dari aktivitas. Serta wilayah Kaliurang Timur di seputaran gardu pandang untuk jalan sudah ditutup dari pengunjung.

Pihaknya melalui Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk secara intens memonitor perkembangan aktivitas Gunung Merapi.

BACA JUGA:   Gunung Merapi Erupsi, Wilayah Klaten Dihujani Abu Vulkanik

“Tadi kita sudah koordinasi dengan BPBD. Kita cek semua mulai dari EWS (Early Warning System) siap dibunyikan dalam keadaan bahaya, armada dan petugas evakuasi juga siap, serta kita minta lakukan pengamanan wilayah berbahaya 5 KM sesuai rekomendasri dari BPPTKG,” jelas Kustini Sabtu (11/03/2023).

Share this Article
Leave a comment