Ad imageAd image

Gunung Ile Lewotolok NTT Erupsi, 3 Desa di Lembata Diminta Waspada

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 839 Views
2 Min Read
Gunung Ile Lewotolok erupsi (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Gunung Api Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT, mengalami empat kali erupsi sepanjang Rabu (22/03/2023).

Akibat erupsi tersebut, petugas pos pengamatan gunung api (PPGA) Ile Lewotolok di Desa Laranwutun meminta warga di tiga desa di Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur tetap waspada.

“Masyarakat Desa Lamawolo, Desa Lamatokan, dan Desa Jontona, agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya dari guguran atau longsoran lava dan awan panas dari bagian timur puncak kawah Gunung Ile Lewotolok,” imbau Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok melalui keterangan resmi, Rabu (22/3/2023) malam.

BACA JUGA:   Gunung Ile Lewotolok Erupsi Setinggi 400 Meter

Petugas merekomendasikan agar warga, pendaki, dan pengunjung tidak melakukan aktivitas dalam radius dua kilometer dari pusat aktivitas gunung.

Pada erupsi yang terjadi pukul 20.16 WITA, gunung tersebut memuntahkan lontaran lava pijar ke segala arah, dengan radius lontaran 200 hingga 400 meter. Hal itu disertai dentuman gemuruh yang kuat.

Karena itu, petugas meminta masyarakat yang bermukim di tiga desa tersebut tetap waspada terhadap potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan.

Masyarakat juga diimbau menggunakan masker untuk melindungi hidung dan mulut untuk menghindari gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya, yang disebabkan oleh abu vulkanik yang disemburkan gunung tersebut.

BACA JUGA:   Gunung Ile Lewotolok Erupsi Setinggi 400 Meter

“Masyarakat yang berada di sekitar Gunung Ile Lewotolok dapat menggunakan masker pelindung mulut dan hidung serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit,” tulis imbauan tersebut.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Ile Lewotolok mengalami erupsi sebanyak empat kali pada Rabu (22/3). Gunung Ile Lewtolok ini memiliki ketinggian 1423 meter diatas permukaan laut (mdpl). Saat ini Gunung Api Ile Lewotolok berada pada status level siaga II (Waspada).

Share this Article
Leave a comment