Ad imageAd image

Golkar Jagokan Tiga Kader di Pilgub Jateng 2024, Tidak Ada Nama Dico

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 805 Views
3 Min Read
Ketua Bappilu Partai Golkar Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Iqbal Wibisono. (Foto: istimewa)

INDORAYA – DPD Partai Golkar Jawa Tengah (Jateng) bakal menjagokan tiga kadernya untuk meramaikan bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2024. Bupati Kendal, Dico Ganinduto, tidak ada dalam daftar tiga nama yang akan diusung.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar Jateng dan DIY, Iqbal Wibisono mengungkapkan, tiga nama yang kemungkinan akan diusung sebagai calon gubernur Jateng di antaranya ialah Panggah Susanto, Wihaji, dan Juliyatmono.

Panggah ialah Ketua DPD Golkar Jateng sekaligus Anggota DPR RI. Wihaji merupakan Ketua Harian DPD Golkar Jateng dan mantan Bupati Batang dua periode. Juliyatmono adalah sekretaris DPD Golkar dan mantan Bupati Karanganyar dua periode.

BACA JUGA:   Pertahankan Bahasa Jawa, Guru di Jateng Dituntut Lebih Kreatif Mengajar

“Untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jawa Tengah yang kita dorong yaitu Pak Wihaji, Pak Juliyatmono, Pak Panggah. Kemudian para bupati dari Golkar juga kita berikan kesempatan,” ujar Iqbal saat dihubungi melalui panggilan WhatsApp, Jumat (29/3/2024)

Menurutnya, ketiga nama itu memiliki rekam jejak panjang dan banyak pengalaman. Panggah misalnya, sudah malang melintang menduduki jabatan di yudikatif dan eksekutif. Panggah merupakan mantan Dirjen kementerian yang kini menjadi anggota DPR RI.

“Yang pasti dia juga kader Golkar sejak zaman Orde Baru, itu pertimbangannya,” kata Iqbal.

Sementara Juliyatmono dinilai punya kapasitas mumpuni untuk menjadi gubernur Jateng. Rekam jejaknya memimpin Karanganyar selama dua periode membuatnya memahami betul berbagai persoalan krusial yang muncul di regional maupun di wilayah Jateng.

BACA JUGA:   Ketua DPD Gerindra Jateng Beberkan Program Unggulan Pasangan Capres-cawapres KIM Jika Menang¬†

“Pak Juliyatmono mulai dia musda sudah pernah jadi pimpinan DPRD berkali-kali. Bupati dua kali sekarang ini kebetulan jadi DPR RI. Jadi dia tahu persis dengan persolaan di regional maupun Jateng,” ungkap Iqbal.

Sedangkan Wihaji dinilai memiliki berbagai prestasi dan keberhasilan saat menjabat sebagai Bupati Batang. Wihaji dianggap sanggup melahirkan konsep dan inovasi baru sehingga Kabupaten Batang mampu menjadi salah satu kawasan industri.

“Dan banyak menggeliat investasi itulah yang jadi pertimbangan,” imbuh Iqbal Wibisono.

Dari ketiga nama yang dijagokan maju Pilgub Jateng 2024, Iqbal tidak menyebut nama Bupati Kendal, Dico Ganinduto. Padahal selama ini suami Chacha Frederica tersebut sering muncul dalam survei kandidat potensial di bursa Pilkada Jateng.

BACA JUGA:   KPU Jateng Bersama Korwil IV GMKI Ajak Generasi Muda Jadi Pemilih Rasional dan Mandiri

Justru Iqbal malah berharap agar Dico dan para bupati lain yang berniat maju Pilgub untuk menahan diri dulu. Dia berharap agar Dico bisa istiqomah di Kendal karena baru menjabat satu periode kepemimpinan.

“Kalau Mas Dico dia milennial aja. Kalau buat dia istiqomah di Kendal dulu. Tapi kalau dia mau berlayar ke Jateng ya silahkan-silahkan saja. Tapi harus mempertimbangkan apakah punya kapasitas di Jawa Tengah,” tandasnya.

Share this Article
Leave a comment