Ad imageAd image

Gibran Larang Penggunaan Mobil Dinas untuk Mudik Lebaran

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 710 Views
1 Min Read
Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, melarang para Aparatur Sipil Negara (ASN) menggunakan mobil dinas untuk mudik Lebaran, seperti yang dilakukan tahun sebelumnya.

“Sama seperti tahun lalu, larangan penggunaan mobil dinas untuk mudik tetap berlaku,” ujarnya di Solo, Jawa Tengah, pada Rabu (3/4/2024).

Selanjutnya, mobil dinas akan diparkir di Kompleks Balai Kota Surakarta.

Kepala Inspektorat Kota Surakarta, Arif Darmawan, menjelaskan bahwa pengandangan ini tidak hanya berlaku untuk kendaraan roda empat, tetapi juga untuk roda dua.

BACA JUGA:   18 Juta Orang Diprediksi Masuk Jateng Saat Lebaran, Heri Pudyatmoko Ingatkan Potensi Kemacetan dan Kecelakaan

Dalam hal pengawasan, pihaknya meminta partisipasi aktif dari masyarakat.

“Pengawasannya melibatkan partisipasi masyarakat. Jika ada mobil dinas yang digunakan untuk mudik, kami mendorong masyarakat untuk melaporkannya kepada kami,” katanya.

Meskipun begitu, laporan dari masyarakat harus disertai dengan bukti yang jelas. Arif Darmawan menegaskan bahwa sudah ada sanksi yang disiapkan untuk ASN yang melanggar aturan.

“Jika ada ASN yang terbukti melanggar, pasti akan ada sanksi yang diberlakukan,” tegasnya.

Menanggapi penggunaan mobil dinas saat Lebaran, dia menyebutkan bahwa dua tahun sebelumnya ada kendaraan dinas dengan plat merah yang sampai ke Bali.

BACA JUGA:   Warga Jateng Diimbau Merayakan Momen Lebaran Tanpa Festival Balon Udara

“Oleh karena itu, kami mendorong masyarakat untuk melaporkan jika menemukan pelanggaran terkait penggunaan mobil dinas untuk mudik. Nanti sanksi yang disiapkan sesuai dengan pelanggaran,” tambahnya.

Share this Article
Leave a comment