Ad imageAd image

Gerindra Bicara Soal Komitmen Prabowo-Gibran Wujudkan Swasembada Pangan

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 1k Views
3 Min Read
Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Fraksi Gerindra DPR menggelar acara seminar bertajuk ‘Strategi Mewujudkan Swasembada Pangan Menuju Indonesia Emas 2045’. Ketua Fraksi Gerindra DPR Ahmad Muzani mengungkit komitmen swasembada pangan sebagai janji politik presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming.

Acara ini digelar di Ruang Bamus KK II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6/2024). Hadir Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dan Wakil Ketua Komisi IV DPR Fraksi Gerindra Budi Djiwandono.

“Salah satu janji Pak Prabowo saat kampanye menjadi calon presiden, beliau bertekad akan mewujudkan swasembada pangan, swasembada energi. Yang kita bicarakan pada seminar diskusi pada hari ini adalah bagaimana membicarakan swasembada pangan itu bisa diwujudkan dalam pemerintahan Prabowo-Gibran,” kata Muzani saat membuka acara.

“Prabowo belum dilantik jadi presiden sekarang masih dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Beliau sedang mempersiapkan diri untuk bagaimana melangkah lebih jauh mewujudkan janji-janji kampanye. Dan salah satu janji kampanye yang sedang beliau garap secara sungguh-sungguh adalah swasembada pangan, termasuk makan bergizi,” imbuh Muzani.

Muzani menyebut saat ini marak masyarakat beralih untuk memajukan sektor pangan dengan bertani hingga berternak. Dia mengatakan antusiasme orang-orang di daerah cukup tinggi menyambut program makan bergizi gratis.

“Gairah masyarakat terhadap upaya mewujudkan swasembada pangan. Di mana-mana orang mulai beralih menjadi peternak susu, di mana-mana orang mulai beralih bagaimana membuat ayam bisa bertelur, semangat untuk menanam sayur, di mana-mana orang ingin berpikir bagaimana menjadi supplier kebutuhan pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan yang bergizi,” ujar Muzani.

“Dan di mana-mana orang di daerah bertanya kapan ini program imi bisa dimulai? Ini berkah kekuasaan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Budi Djiwandono menyebut krisis pangan telah menjadi tantangan global saat ini. Dia mengatakan swasembada pangan menjadi program prioritas Prabowo-Gibran.

“Kondisi dunia saat ini sedang dihadapkan dengan krisis pangan akibat kondisi geopolitik dan juga dampak dari perubahan iklim. Sehingga swasembada pangan merupakan program prioritas bagi presiden dan wapres pada saat ini dan presiden dan wapres terpilih 2024,” kata Budi.

“Indonesia juga mencanangkan diri menjadi salah satu negara lumbung pangan dunia yang sukses pada tahun 2045,” lanjut Waketum Gerindra itu.

Share this Article