Ad imageAd image

Gempa di Taiwan Akibatkan 9 Orang Tewas, 127 Orang Masih Terjebak

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 699 Views
1 Min Read
Gempa di Taiwan hari ini. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Gempa bumi dengan kekuatan 7,4 skala Richter mengguncang pantai timur Taiwan, menyebabkan setidaknya sembilan kematian, pada Rabu (03/04/2024).

Saat ini, 711 orang dilaporkan terluka dan 127 orang masih terjebak, dengan jumlah korban yang diperkirakan akan terus bertambah.

Kota Hualien, yang terdekat dengan pusat gempa, mengalami kerusakan bangunan yang signifikan, sedangkan upaya penyelamatan sedang berlangsung di sana.

Getaran gempa dirasakan bahkan di wilayah pegunungan Taiwan, dengan laporan tanah longsor yang besar. Di Taipei, gedung-gedung bergoyang kuat seperti yang terlihat dalam rekaman video yang beredar.

Wu Chien Fu, direktur Pusat Seismologi Taipei, menggambarkan bahwa gempa ini terasa di seluruh Taiwan dan pulau lepas pantai, serta menegaskan bahwa ini merupakan gempa terkuat dalam 25 tahun terakhir di wilayah tersebut.

Pusat gempa ditempatkan sekitar 18km selatan Hualien, menurut Survei Geologi AS. Hal ini telah dikonfirmasi sebagai gempa terkuat dalam 25 tahun terakhir oleh otoritas setempat.

Sebanyak 127 orang dilaporkan terjebak akibat gempa, dengan sebagian besar terperangkap di terowongan Jinwen dan Daqinqshui serta dalam empat minibus yang melakukan perjalanan dari Kota Hualien ke Taman Nasional Taroko.

Mereka adalah staf yang hendak menuju Hotel Silks Place Taroko untuk berlibur selama empat hari, dimulai dari Kamis (04/04/2024) hingga Minggu (07/04/2024).

Share this Article
Leave a comment