Ad imageAd image

Gaya Pendekatan Ganjar Dianggap Meniru Jokowi, Pengamat Politik: Pak Jokowi Lebih Autentik

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 3 Views
3 Min Read

INDORAYA – Gaya pendekatan Gubernur Jawa Tengah sekaligus Bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menjelang Pilpres 2024 dianggap meniru Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019 lalu. Yaitu dengan blusukan ke perkampungan warga dan mengeksposnya di media sosial.

Meskipun begitu, pengamat politik asal Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) Joko J Prihatmoko menilai, pendekatan Ganjar ke masyarakat jika dilihat melalui postingan di media sosial berbeda dengan Jokowi. Menurutnya, gaya Jokowi lebih autentik dan titik mengada-ada.

“Pak Jokowi lebih autentik. Autentisitas yang tidak mengada-ngada betul, sudah penampilannya segitu, penampilannya ndeso (desa) ya ndeso, tetapi rakyat menyukai itu,” ujar Joko J Prihatmoko kepada Indoraya.news, belum lama ini.

Ia menilai, blusukan maupun citra merakyat lainnya yang dipamerkan Ganjar di sosial media tetap terasa berbeda dari apa yang dilakukan Jokowi. Ini dilihat dari gestur, gimik, dan cara berkomunikasi.

“Yang satu ini (Ganjar) saya kira kalau misal Pak Ganjar kan berbeda. Bisa dilihat dari gesturnya, gimiknya dan diksinya,” ungkap Direktur LPPI (Lembaga Penelitian Pemberdayaan Indonesia) tersebut.

Disinggung soal pencitraan Ganjar di media sosial, Joko menilainya sebagai upaya memaksimalkan teknologi. Terlebih, dampak media sosial saat ini begitu dahsyat, khususnya dalam membentuk citra seseorang di mata orang lain.

“Dia (Ganjar) memaksimalkan teknologi yang namanya media sosial. Penetrasi media sosial, dia memanfaatkan itu. Penetrasi medsos kan dahsyat toh, dia hanya memanfaatkan itu,” tukas Joko.

Baginya, Ganjar Pranowo sulit menirukan image merakyat yang melekat erat pada Jokowi. Pasalnya, gaya komunikasi dan pembawaan Jokowi merupakan watak asli dan terbentuk sejak lama.

“Dia ga bisa menirukan Pak Jokowi yang itu, gaya itu bentukan lama kok. Gaya itu terbentuk dari proses yang panjang. Orang niru-niru paling nanti kembali seperti semula,” ungkap Joko.

Namun demikian, ia tidak menampik jika sosok Jokowi menjadi role model politisi saat ini. Termasuk Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang juga mengubah sikap dan gaya kepemimpinan seperti yang dilakukan Jokowi.

“Pak Prabowo pun juga meniru beliau (Jokowi) dengan menjadi lebih tidak pemarah, lebih akomodatif, dan lebih mendengarkan. Kan sama itu. Jadi karena ini menjadi magnet ini bisa jadi pedoman, tidak ada masalah,” tandas Joko.

Share this Article