Ad imageAd image

Garut Ditetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa 14 Hari

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 917 Views
2 Min Read
Ilustrasi gempa (Istimewa)

INDORAYA – Pemerintah Daerah Garut di Provinsi Jawa Barat menetapkan status tanggap darurat selama 14 hari imbas gempa magnitudo 6,2 dan berlaku per Jumat (26/4/2024).

Sekretaris Daerah Garut Nurdin Yana mengatakan keputusan ini diambil bersamaan dengan terjadinya beberapa bencana alam lain di Garut, termasuk longsoran tanah di Kecamatan Banjarwangi, dan pergerakan tanah di Kecamatan Pakenjeng dan Kecamatan Cisompet.

“Tanggap darurat kita di 14 hari, kemarin tanggal 26 sampai dengan 14 hari ke depan yang kita tetapkan,” kata Nurdin, Minggu (28/4/2034).

BACA JUGA:   Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Garut Hari Ini

“Jadi hari ini pernyataan sudah ‘include’, jadi tidak lagi pernyataan baru, tapi ini akumulasi dari kemarin yang sudah ditetapkan,” katanya.

Penetapan ini diperuntukkan sebagai dasar aturan bagi pemerintah daerah untuk mengambil tindakan penanggulangan, termasuk pengalokasian dana darurat berupa biaya tak terduga (BTT) untuk bencana alam.

“Hari ini untuk terkait dengan proses ‘recovery’ terhadap kondisi masyarakat, maka kita dapat menggunakan dana BTT,” katanya.

Nurdin mengatakan bahwa langkah-langkah pemulihan telah dimulai dan melibatkan koordinasi antar berbagai lembaga dan instansi terkait di Garut.

BACA JUGA:   Gempa Sebesar Magnitudo 3,6 Guncang Garut

Dari pengamatan di lapangan, teridentifikasi kerusakan pada rumah-rumah penduduk dengan berbagai tingkat kerusakan, serta pada fasilitas publik seperti rumah sakit di Pameungpeuk, sarana pendidikan, dan kantor BRI.

“Jadi beberapa rumah ada yang kategori memang rusak berat, kemudian sedang, dan juga ada yang ringan sedang kami inventarisir, hari ini sudah asesmen,” ujar Nurdin.

Ia menambahkan gempa yang terjadi pada Sabtu (27/4) malam tersebut telah menyebabkan kerusakan material dan beberapa orang mengalami luka-luka. Namun, ia menegaskan bahwa tidak ada korban jiwa yang dilaporkan hingga saat ini.

BACA JUGA:   BNPB Sebut 8 Orang Meninggal Akibat Gempa M 6,2 di Garut: 110 Rumah Rusak
Share this Article
Leave a comment