Ad imageAd image

Ganjar Pastikan Akan Ada Program Balik Mudik Gratis

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 109 Views
2 Min Read
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, saat melepas 320 pemudik menggunakan kereta api di Stasiun Senen Jakarta, Jumat (29/4/2022). (dok. Pemprov Jateng)

INDORAYA – Usai memberangkatkan pemudik dari Jakarta ke kampung halaman yang ada di Jawa Tengah, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo akan memastikan ada program balik gratis.

“Untuk arus balik nanti, kami sudah menyiapkan angkutan gratis. Rencana sama, ada pakai kereta api dan bus,” kata Ganjar, saat melepas 320 pemudik menggunakan kereta api di Stasiun Senen Jakarta, Jumat (29/4/2022).

Ditambahkan, sebanyak 145 bus dan empat gerbong kereta api disiapkan untuk program balik gratis. Terkait jadwal keberangkatan, pihaknya masih berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait.

BACA JUGA:   Kata Puan Maharani Sosok Capres Ini Ganteng, Siapakah Dia?

“Mudah-mudahan masyarakat yang akan balik lagi ke Jabodetabek, bisa memanfaatkan program ini,” ucap gubernur.

Penyediaan angkutan balik gratis ini, lanjut Ganjar, tak terlepas dari antusiasme masyarakat mengikuti program mudik gratis. Saat melepas 5.748 pemudik via bus di Taman Mini Indonesia Indah Kamis (28/4/2022).

“Sampai-sampai tadi malam saya ditelpon, pak ini ada yang masih tertinggal. Padahal kita sudah memberangkatkan 126 bus. Akhirnya malam-malam saya carikan lagi tambahan tiga bus untuk memfasilitasi saudara-saudara kita mudik lebaran,” katanya.

Sementara itu, kabar adanya angkutan balik gratis ini disambut antusias masyarakat. Mereka sangat bersyukur mendapat fasilitas mudik dan balik gratis dari Ganjar.

BACA JUGA:   Ganjar Berikan Bantuan Obat, Vitamin, dan Desinfektan Kepada Peternak di Semarang Untuk Cegah PMK

“Alhamdulillah, seneng banget kalau nanti baliknya gratis lagi. Ini sangat membantu sekali buat kami wong cilik yang ingin berlebaran di kampung. Ya nanti pasti ikut, kan lumayan,” kata Abdul Wahid (54), buruh serabutan asal Demak.

Hal yang sama disampaikan Aldi Bagus (30), pemudik asal Brebes. Ia mengatakan lega dengan adanya program angkutan balik gratis untuk kembali ke Jakarta.

“Kalau ada angkutan balik gratis, ya sangat bersyukur. Ini membantu sekali buat kami. Bayangkan saja kalau ongkos sendiri habis berapa ini, satu orang saja bisa Rp300.000. Kalau sekeluarga sudah berapa,” katanya.

BACA JUGA:   Novel Baswedan Ungkap Alasan Sulitnya Menangkap Harun Masiku

Aldi mengapresiasi Ganjar yang tak hanya menyediakan mudik gratis menggunakan bus, tapi juga kereta api. Ia yang mudik bersama istri yang sedang hamil tua, memang lebih nyaman naik moda transportasi kereta api.

“Lebih aman dan nyaman pakai kereta api, karena istri sedang hamil tua. Nanti kalau ada angkutan balik gratis lagi, ya kami akan naik kereta api juga,” ucapnya.(FZ)

Share this Article