Ad imageAd image

Ganjar Lantik Empat Pejabat Sementara Menggantikan Kepala Daerah Yang Habis Masa Jabatannya

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 129 Views
2 Min Read
Gubernur Ganjar Pranowo saat memberikan keterangan pers terkait peringatan Hari Kartini 2022 (dok. Pemprov Jateng)
INDORAYA – Usai masa jabatannya habis di bulan ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melantik empat pejabat kepala daerah. Kepala daerah yang digantikan yakni Bupati Batang, Walikota Salatiga, Bupati Jepara, dan Bupati Banjarnegara.
Posisi sementara Bupati Batang digantikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Batang Lani Dewi Rejeki, Walikota Salatiga diganti Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng Noegroho Rachmadi.
Bupati Jepara digantikan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Edy Supriyanta, dan Bupati Banjarnegara diganti Kepala Dispermasdesdukcapil Provinsi Jawa Tengah Tri Harso Widirahmanto.

“Ada empat yang kita siapkan dan tadi pagi saya komunikasi dengan Mendagri. Beliau mem-briefing kepada kami untuk memberikan rambu-rambu kepada para penjabat ini,” kata Ganjar usai pelantikan di gedung Gradhika Bakti Praja, Minggu (22/5/2022).

BACA JUGA:   Tim Indonesia Akan Balas Dendam Dengan Thailand di Ajang SEA Games 2021

Ganjar meminta para penjabat kepala daerah bekerja dengan baik. Ganjar berpesan agar para pejabat ini menjalankan pemerintah sesuai dengan kewenangannya.

“Jadi kapan kewenangannya bisa digunakan karena ini berbeda dengan pejabat yang fix hasil dari pilkada, maka tidak boleh mengganti, tidak boleh mencabut izin yang lama, agar stabilitas pemerintahannya bisa terjaga termasuk netralitas dalam pilkada,” jelasnya.

Ganjar pun berpesan agar para pejabat tetap menjaga integritas mereka. Dia meminta keempat penjabat ini untuk melayani masyarakat dan bekerja profesional.

BACA JUGA:   Banjir Rob di Pesisir Pantura Jateng Bikin Pengusaha Takut Investasi, Pemprov Bilang Begini

“Saya minta untuk menjaga integritas karena banyak (contoh) yang kemudian bermain-main. Melayani masyarakat dengan baik, karena mereka semua PNS saya minta kerja dengan baik, kerja yang profesional. Saya peringatkan juga semua punya gerakan antikorupsi. Ini kan bisa jadi dua tahun (menjabat),” pesan Ganjar.

Ganjar juga meminta agar para pejabat menyebarkan nomor telepon yang bisa diakses masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Ganjar juga bakal mengevaluasi kinerja para pejabat itu setiap tiga bulan sekali.

“Report (laporan) yang ada akan kita evaluasi. Jadi kalau kerjanya bagus ya terus, kalau tidak maka kita akan usulkan nanti untuk mereka dievaluasi. Pesan paling penting itu. Insyaallah dari empat ini sudah masuk dalam TPA (Tim Penilai Akhir) Presiden jadi saya kira sudah diseleksi betul oleh pemerintah pusat,” pungkas dia.(FZ)

BACA JUGA:   Indonesia Akan Diserang Covid-19 Varian Terbaru, Perhatikan Gejalanya
Share this Article