Ad imageAd image

Festival Balon Udara Wonosobo Mampu Gaet Wisatawan, Tiap Hari 6 Ribu Kunjungan

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 722 Views
3 Min Read
Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, Agung Hariyadi. (Foto: Dok. Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Festival Balon Udara yang diperingati selepas Hari Raya Lebaran di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, menjadi daya magnet tersendiri bagi masyarakat. Gelaran tahunan ini dinilai berhasil mendongkrak kunjungan wisatawan selama libur Lebaran 2024.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng, Agung Hariyadi menyebut, Festival Balon Udara Wonosobo berlangsung di 14 titik. Berdasarkan laporan yang dia terima, setiap titik ada 6 ribu kunjungan wisatawan per harinya.

Dia melanjutkan, festival ini berlangsung hingga 11 hari, mulai 11 hingga 21 April 2024. Namun setiap titik waktu pelaksanaannya berbeda-beda. Ada yang satu hari, bahkan ada yang berlangsung selama lima hari.

BACA JUGA:   Apindo Jamin 1.600 Perusahaan di Jateng Tak Akan PHK Karyawan Jelang Lebaran

Adapun puncak Festival Balon Udara digelar pada Minggu 21 April di Alun-Alun Wonosobo. Agung memprediksi pada puncak acara, wisatawan yang ikut meramaikan bisa lebih dari 6 ribu orang.

“Per hari satu titik bisa sampai 6 ribu, Weekend dan dihari puncak kemungkinan akan lebih dari 6000,” katanya saat dikonfirmasi, Rabu (17/4/2024).

Dia mengatakan, pada saat puncak festival kegiatannya tidak hanya menerbangkan balon udara. Melainkan ada formasi khusus yang akan disiapkan untuk menambah daya tarik wisatawan.

“Nanti dipuncak Festival Balon Udara tidak hanya sekadar menaikkan balon, tapi ada tampilan formasi balon udara. Sehingga akan menambah daya tarik,” beber Agung.

BACA JUGA:   97 Perusahaan Sudah Relokasi ke Jateng, Pemprov Kaji Indikator Penarik Minat Investor

Sementara berdasarkan data dari Disporapar Jateng per tanggal 15 April 2024, kunjungan wisatawan di libur Lebaran tahun 2024 ini baru mencapai 3,9 juta. Padahal targetnya sebanyak 6,5 juta wisatawan berkunjung ke Jateng.

“Targetnya kita bisa mencapai 6.5 juta, tinggal separuhnya,” kata Agung.

Dia berkata masih ada waktu hingga tanggal 21 April untuk menggenjot kunjungan wisatawan. Selain dari Festival Balon Udara, Disporapar Jateng juga memanfaatkan daya tarik wisata lainnya selama momen syawalan masih berlangsung.

Misalnya saja di Kota Pekalongan ada Pekan Syawalan, Kabupaten Batang ada Lomba Dayung, Magelang dengan Grebeg Kupat, Rembang ada Gebyar Syawalan, dan lainnya. Diharapkan event syawalan di berbagai wilayah ini dapat memenuhi target.

BACA JUGA:   Tanggapi Pemberitaan Konser Musik dan Ngaji Indonesia Musik di Kendal, Ketua DPD Gerindra Jateng Klaim Tidak Ada Pelanggaran

“Kemudian sampai 21 April 2024 itu ada banyak event syawalan. Kita kenal dengan Grebeg Syawalan ada Ketupatan, dibeberapa tempat di Jateng akan digelar event-event syawalan itu harapannya juga menambah kunjungan wisatawan,” tandas Agung.

Share this Article
Leave a comment