Ad imageAd image

Fakta-fakta Kecelakaan Lift di Bali yang Tewaskan Lima Pekerja

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 1 View
3 Min Read
Lift di ubud putus (Foto: istimewa)

INDORAYA – Terjadi kecelakaan lift di resor yang berlokasi di Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, pada Jumat (01/09/2023) sekitar pukul 13.00 WITA. Akibatnya lima orang karyawan Ayu Terrace Resort meninggal dunia.

Kapolsek Ubud Kompol I Made Uder mengonfirmasi kabar itu usai memeriksa lokasi. Ia juga memastikan kelima karyawan yang menjadi korban telah meninggal dunia.

“Seluruh korban sebanyak lima orang meninggal dunia,” ujar I Made Uder pada Jumat (1/9/2023) malam.

Kemudian pihak kepolisian merilis sederet keterangan mengenai kecelakaan tersebut, mulai dari identitas hingga evakuasi korban meninggal dunia.

Berikut sederet fakta mengenai kecelakaan lift di Ayu Terrace Resort di Gianyar, Bali.

1. Disebabkan tali seling putus
Kompol I Made Uder menjelaskan kecelakaan lift jembatan yang dinaiki oleh lima karyawan resor tersebut disebabkan oleh tali seling yang putus. Tali seling yang terbuat dari baja itu putus sehingga memicu tabung lift meluncur deras ke bawah.

Kapolsek Ubud itu kemudian mengatakan tali seling baja itu diperkirakan putus karena tidak kuat menarik beban ke atas. Selain itu, rem juga tidak berfungsi sehingga lift meluncur dengan kecepatan tinggi ke bawah.

2. Saksi dengar teriakan dan suara benturan
Saksi bernama I Ketut Suwiarta mengatakan kecelakaan itu bermula saat kelima korban hendak memakai lift untuk naik ke atas. Ia kemudian mendengar suara teriakan, diikuti suara sangat keras seperti benda terjatuh dan terbentur.

I Ketut bersama karyawan resor mengaku bergegas melihat lift dan melihat tali seling yang sudah putus. Ketika mereka turun lewat tangga, kelima orang itu pun sudah tergeletak di dalam lift.

3. Tiga korban disebut sempat bernapas
Saksi I Ketut Suwiarta juga menjelaskan kondisi korban usai jatuh saat memakai lift. Menurutnya, ada tiga korban yang terlihat masih bernapas sehingga dibawa ke Rumah Sakit Payangan, Gianyar.

Polsek Ubud bersama PMI dan BPBD Kabupaten Gianyar lalu tiba sekira pukul 14.30 WITA untuk mengevakuasi dua korban lainnya yang sudah meninggal di TKP. Namun, nyawa ketiga korban tak terselamatkan sehingga kelima karyawan tersebut dikonfirmasi meninggal dunia.

4. Kelima korban berasal dari Bali
Kelima korban kecelakaan lift itu merupakan karyawan Ayu Terrace Resort. Seluruh karyawan itu juga berasal dari Bali dengan domisili yang berbeda-beda.

Kelima korban bernama Sang Putu Bayu Adi Krisna (19) asal Kota Denpasar, Ni Luh Superningsih (20) asal Kabupaten Gianyar, I Wayan Aries Setiawan (23) asal Kota Denpasar, Kadek Hardiyanti (24) asal Kabupaten Bangli dan Kadek Yanti Pradewi (19) asal Kabupaten Buleleng.

Share this Article