Ad imageAd image

Elektabilitas Sudaryono Melejit, Dico dan Luthfi Tertinggal Jauh

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 1k Views
2 Min Read
Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono menghadiri Halal Bi Halal dan Tasyakuran Dinda Ari Ayu Isnani di Gedung Graha Sari Gayamsari, Kota Semarang, Rabu (1/5/2024). (Foto: Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Lembaga survei Timur Barat Research Center (survei TBRC) merilis hasil survei terbarunya terkait ‘Mengukur Peta Kekuatan Elektoral Tokoh Bakal Calon Gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2024’.

Berdasarkan hasil survei terhadap 1.688 responden, ada delapan nama tokoh yang disebut bakal moncer di Pilgub Jawa Tengah 2024. Ada tiga nama teratas berdasarkan dari hasil jajak pendapat.

Nama mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi atau Hendi masih menduduki posisi teratas secara elektabilitas sebagai kandidat cagub Jateng dengan 21,4 persen.

BACA JUGA:   Masuk Bursa Calon Gubernur Jateng, Wihaji Golkar: Keputusan Tetap Ketua Umum

Posisi Hendrar ditempel ketat Ketua DPD Partai Gerindra Sudaryono yang juga mantan ajudan Prabowo Subianto. Sudaryono berada di peringkat kedua dengan 20,1 persen.

Di tempat ketiga ada nama mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dengan 10,3 persen.

Selain tiga nama teratas di survei elektabilitas versi survei TBRC, ada beberapa nama tokoh yang masuk radar dalam Pilkada Jateng.

Antara lain, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (8,7 persen), Bupati Kendal Dico M. Ganinduto (7,6 persen); mantan Bupati Banyumas Achmad Husein (6,6 persen); Ketua DPW PKB Jateng Muhammad Yusuf Chudlori (6,2 persen), dan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad luthfi (3,3 persen).

BACA JUGA:   Sudah Mulai Cek Ombak, Mas Dar Gerindra hingga Gus Yusuf PKB Maju Pilgub Jateng 2024

Sebelumnya, Direktur Eksekutif TBRC Johanes Romeo mengatakan Johanes memaparkan, dalam temuan survei hampir 90,8 % warga Jateng menginginkan Gubernur Jawa Tengah bisa mengatasi permasalahan banjir, di mana, mengingat persoalan banjir masih terus menghantui warga.

“Sosok Gubernur Jateng nantinya harus memikirkan secara serius terkait hal itu dan sebanyak 89,3% masyarakat Jateng menginginkan sosok gubernur yang harus memahami akar masalah kemiskinan di Jateng,” ucap dia.

Johanes menilai, Jateng mestinya tidak lagi berurusan dengan kemiskinan dan sosok gubernur yang mudah bekerja sama dengan pemerintah pusat dan ini ada pada sosok Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono yang sangat dekat dengan Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto.

BACA JUGA:   PKS Bakal Ajukan Kader Internal Pada Pilkada 4 Kota di Jateng, Mana Saja?
Share this Article