Ad imageAd image

Dua Nama Potensial Mampu Kalahkan Petahana di Pilwalkot Semarang 2024, Satu di antaranya Yudi Indras dari Gerindra

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 778 Views
3 Min Read
Yudi Indras Wiendarto, politisi dari Gerindra yang masuk nama potensial mampu bertarung Pilwalkot Semarang 2024. (Foto: Instagram Yudi Indras)

INDORAYA – Ada dua nama yang potensial mampu bertarung dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Semarang 2024. Keduanya itu yakni adalah politisi dari Gerindra sekaligus Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Yudi Indras Wiendarto, dan A.S Sukawijaya alias Yoyok Sukawi merupakan kader dari Partai Demokrat sekaligus Anggota Komisi X DPR RI dan CEO PSIS Semarang.

Yudi Indras dan Yoyok Sukawi ini dinilai mampu mengalahkan posisi petahana di Pilwalkot Semarang 2024.

Pengamat Politik dari Departemen Politik dan Pemerintahan FISIP Undip, Wahid Abdulrahman menyampaikan bahwa internal Gerindra di Kota Semarang itu mempunyai cukup banyak figur-figur yang potensial. Salah satunya, ada Yudi Indras yang merupakan asli warga Kota yang membuat tingkat popularitasnya tak diragukan lagi.

BACA JUGA:   Ganggu Arus Lalu Lintas, Disdag Berikan Peringatan Jam Operasional Pedagang Pasar Tumpah Karangayu

Selain Yudi, kata dia, Yoyok Sukawi juga popularitasnya cukup tenar di semua kalangan di Ibu Kota Jawa Tengah.

“Gerindra itu cukup banyak figur-figur potensial, contohnya Pak Yudi Indras yang pernah maju sebagai Anggota DPRD Kota Semarang Dapil 1, dan juga orang Semarang yang punya tingkat popularitasnya cukup tinggi. Kalau dari Demokrat, ada Mas Yoyok itu juga sama cukup tenar di Kota Semarang,” jelas Wahid saat dihubungi Indoraya, Selasa (14/5/2024).

Wahid mengungkap nama-nama potensial tersebut mampu menjadi kompetitor petahana Hevearita Gunaryanti Rahayu (Mbak Ita).

“Figur- figur yang punya potensi untuk menjadi kompetitor dari Bu Ita,” katanya.

BACA JUGA:   Dinilai Rugikan Koperasi, Gerindra Siap Kawal Pengesahan RUU PPSK

Sementara nama Yoyok Sukawi, menurut Wahid, popularitasnya sudah eksis sejak tahun 2020 hingga sampai sekarang. Popularitas seperti ini yang mampu mengalahkan petahana Mbak Ita dalam Pilwalkot Semarang 2024.

“Kalau dilihat Mas Yoyok sejak 2020 sampai sekarang masih terus eksis. Itu potensi figur yang bisa berkompetisi dengan Bu Ita,” imbuhnya.

Terkait kabarnya mantan Wali Kota Semarang Soemarmo Hadi Saputro akan bertarung kembali untuk menjadi bakal calon Wali Kota Semarang pada Pilkada Semarang 2024.

Informasi yang diperoleh, Soemarmo akan mencalonkan diri lewat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Selain itu, mantan narapidana kasus korupsi itu juga rencananya akan mendaftar ke Partai Gerindra.

BACA JUGA:   Tahun Ini, Ijazah PAUD Jadi Syarat Masuk SDN di Kota Semarang

Perihal hal itu, menurut analisa Wahid, Soemarmo merupakan tokoh usang yang sudah tak relevan untuk posisi tersebut.

“Pak Marmo, rasanya Pak Marmo sudah agak usang. Meski publik nama tokoh ini masih ingat, tetapi sudah lama tidak berkiprah secara maksimal, saya rasa menjadi pudar,” bebernya.

Sementara Soemarmo pernah terseret dalam kasus dugaan suap terkait pembahasan APBD Kota Semarang 2011-2012, dia menyatakan tidak berpengaruh dalam kontestasi Pilkada meski memiliki rekam jejak yang jelek.

“Ternyata kasus kasus korupsi itu tidak banyak berpengaruh dalam Pilkada. Karena, Pak Marmo di Semarang relatif masih punya nama,” pungkasnya.

Share this Article
Leave a comment