Ad imageAd image

DPD PDI-P Jateng Resmi Buka Penjaringan Pilgub Jateng 2024, Mantan Wakil Gubernur Heru Jadi Pendaftar Pertama

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 908 Views
3 Min Read
Mantan Wakil Gubernur Jateng periode 2013-2018, Heru Sudjatmiko mengambil formulir pendaftaran bakal calon wakil gubernur melalui DPD PDI-P Jateng, Rabu (22/5/2024). (Foto: Dickri Tifani Badi)

INDORAYA – DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Jawa Tengah (Jateng), resmi membuka penjaringan bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng. Pendaftaran dimulai hari ini (22/5/2024) sampai tanggal 30 Mei 2024 mendatang. Untuk pelayanannya hanya pada pukul 10.00-16.00 WIB.

Baru hari pertama dibukanya pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada kontestasi politik itu, terlihat satu orang mendatangi ke Panti Marhaen atau Kantor DPD PDI-P Jateng, Rabu (22/5/2024).

Satu orang tersebut adalah mantan Wakil Gubernur Jateng periode 2013-2018, Heru Sudjatmiko. Dia menjadi orang pertama yang mendaftar sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pilgub Jateng dengan mengambil formulir lewat DPD PDI Perjuangan Jateng.

BACA JUGA:   PPDB SMA/SMK Negeri Jateng Usai, Masih Ada 169 Kursi Siswa yang Kosong

“Hari ini, baru buka pendaftaran. Dan baru Pak Heru yang mengambil formulir,” jelas Bendahara DPD PDI-P Jateng, Agustina Wilujeng kepada wartawan, Rabu siang.

Agustina mengatakan penjaringan bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilgub Jateng melalui DPD PDI-P Jateng tidak hanya kalangan kader saja, melainkan dibuka untuk umum. Penjaringan ini juga tidak dipungut biaya.

“Semua calon yang mendaftar, nanti kita kirim ke DPP. Jadi prosesnya ini masih panjang, semoga banyak tokoh yang mendaftar,” ujarnya.

Ditanya apakah selain Heru Sudjatmiko ada tokoh lainnya yang sudah berkomunikasi untuk mengambil formulir, dia mengaku hingga sampai saat ini belum ada. Sebab, pendaftaran ini baru dibuka dan disampaikan sekitar pekan lalu.

BACA JUGA:   866 Pejabat Fungsional Pemprov Jateng Dilantik, Diminta Tidak Korupsi dan Beri Pelayanan Terbaik

“Sampai saat ini belum ada (komunikasi) akan mengambil formulir, karena kan baru dibuka,” paparnya.

Sementara itu, Heru Sudjatmiko mengakui sejak mendengar DPD PDI-P Jateng membuka penjaringan Pilgub Jateng, yakni dirinya sudah berniat mendaftar sebagai bakal calon wakil gubernur untuk Pilgub Jateng 2024.

“Saya niati hari ini mau daftarkan diri, hukan calon gubernur tapi wakil. Tak ada target [harus direkomendasi], ini bagian dari kesediaan saya selama masih merasa mampu dan diberi mampu, saya ingin tetap berbuat sesuatu,” kata Heru seusai mengambil formulir, Rabu.

BACA JUGA:   Dapat 6.700 Dukungan, Petahana Bambang Sutrisno Kembali Maju Senator DPD RI

Alasan memilih penjaringan bakal calon wakil gubernur meski sudah pernah merasakan jabatan tersebut, dia juga mengaku sadar diri yang tidak memiliki logistik cukup untuk bertarung Pilgub Jateng sebagai bakal calon gubernur.

“Ini sudah bukan jadi rahasia umum, tema-teman juga tahu lah, kalau biaya menjadi gubernur mesti gede [besar] kan. Saya enggak sanggup [biayanya], mungkin pekerjaan saya ngerti karena pernah jadi wakil gubernur, tapi saya mendaftar niatnya untuk ibadah,” bebernya.

Share this Article