Ad imageAd image

Dokter Gadungan di PT PHC Surabaya Dituntut 4 Tahun Penjara

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 2 Views
2 Min Read
Ilustrasi kedokteran (Istimewa)

INDORAYA – Terdakwa dokter gadungan di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Susanto, dituntut empat tahun penjara dalam kasus penipuan di PT Pelindo Husada Citra (PHC).

“Meminta Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Susanto dengan pidana penjara selama empat tahun, dikurangi masa penahanan,” kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ugiek Ramantyo, Senin (18/9/2023).

JPU menyebut, Susanto dinilai bersalah telah berpura-pura menjadi tenaga medis atau dokter di klinik milik PT PHC hingga selama lebih dari dua tahun.

Jaksa menyebut terdakwa secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat, atau pun rangkaian kebohongan sesuai Pasal 378 (KUHP).

Sejumlah hal yang memberatkan tuntutan Susanto ialah karena ia pernah melakukan kejahatan serupa di masa lalu, dan telah meresahkan masyarakat.

“Hal yang memberatkan adalah terdakwa pernah menjadi residivis dalam perkara yang sama, kedua terdakwa tidak menyesali perbuatannya,” ujar JPU.

“Ketiga, terdakwa meresahkan masyarakat, keempat terdakwa telah menikmati hasil dari tindak pidana tersebut dan kelima terdakwa berpotensi menimbulkan kerugian masyarakat. Hal yang meringankan terdakwa tidak ada,” tambahnya.

Usai mendengar pembacaan tuntutan itu, terdakwa Susanto kemudian meminta keringanan kepada Majelis Hakim. Ia menyebut kejahatan itu dilakukannya untuk membiayai kebutuhan keluarga.

“Mohon keringanan, saya terpaksa yang mulai. Saya ada tanggungan anak dan istri,” kata Susanto.

Share this Article