Ad imageAd image

Distribusi Surat Suara di Jateng 80 Persen, Pulau Karimunjawa dan Nusakambangan Diprioritaskan

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 900 Views
2 Min Read
Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jawa Tengah (Jateng), Basmar Ferianto Amron. (Foto: Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Distribusi surat suara untuk Pemilu 2024 di wilayah Jawa Tengah (Jateng) sudah mencapai 80 persen. KPU Provinsi Jateng memprioritaskan daerah tertinggal dalam distribusi logistik untuk pencoblosan pada 14 Februari 2024 nanti.

“Distribusi surat suara hampir 80 persen tinggal sedikit yang belum,” kata Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jateng, Basmar Ferianto Amron, saat ditemui di Hotel Quest Kota Semarang, Kamis (11/1/2024).

Dalam pendistribusian logistik Pemilu, KPU Jateng memprioritaskan sejumlah daerah. Meliputi yang jaraknya jauh dan aksesnya sulit seperti daerah tertinggal. Juga daerah dengan jumlah pemilih yang banyak.

BACA JUGA:   Forkommas Jateng Gelar Sarasehan dan Bagikan Makanan Bergizi Guna Cegah Balita Stunting

“Dalam distribusi logistik itu kita harus mengutamakan jarak dan kondisi geografis dan juga daerah yang pemilihnya banyak, itu yang kita utamakan. Jadi gak masalah daerah-daerah yang jauh dan pelosok kita dahulukan dikirim logistik,” kata Basmar.

Contoh daerah tertinggal, terluar, dan terdepan atau daerah 3T yang menjadi prioritas yaitu Pulau Karimunjawa di Kabupaten Jepara. Selain itu juga Pulau Nusakambangan di Kabupaten Cilacap.

“Misal kaya Jepara punya Karimunjawa itu kan sudah semua logistik sudah di sana semua. Cilacap juga punya Nusakambangan pemilihnya juga banyak semua surat sudah semua,” ungkapnya.

BACA JUGA:   90 Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di Jateng, UU TPKS Dinilai Belum Terimplementasi

Basmar menyebut bahwa surat suara untuk daerah 3T seperti Pulau Karimunjawa dan Nusakambangan 100 persen surat suara Pemilu 2024 sudah terdistribusi.

“Jadi prioritas daerah yang jaraknya jauh lalu jumlah pemilih banyak kondisi alam juga gak mudah, juga melihat kondisi cuaca,” beber dia.

Dia bilang, secara keseluruhan, distribusi di wilayah Jateng sudah mencapai 80 persen. KPU Jateng memastikan seluruh surat suara selesai didistribusikan maksimal pada 15 Januari 2024.

“Ini tinggal yang dekat-dekat kaya kota kota kecil seperti Magelang, Kota Salatiga ini ada yang belum, tapi kan jaraknya dekat dan wilayahnya gak menyulitkan,” ungkap Basmar.

BACA JUGA:   3.000 Calon Jemaah Haji Jateng Belum Lunasi Pembayaran, Terancam Batal ke Tanah Suci

Dia menyebutkan surat suara yang dikirim ke KPU Kabupaten/Kota berjumlah lima jenis. Meliputi surat suara calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPD RI, calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Maksimal 15 Januari sudah terdistribusi semuanya. Tapi rata rata sudah ada yang 100 persen, seperti Jepara sudah Cilacap sudah,” pungkas Basmar.

Share this Article
Leave a comment