Ad imageAd image

Dishub Jateng Petakan Titik Rawan Macet Jelang Lebaran, Ini Lokasinya

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 909 Views
3 Min Read
Ilustrasi arus lalu lintas jelang mudik lebaran. (Foto: istimewa)

INDORAYA – Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Tengah (Jateng) telah memetakan titik rawan kemacetan di masa mudik Hari Raya Idulfitri atau Lebaran tahun 2024.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Dishub Jateng, Erry Derima Ryanto mengatakan, titik-titik kemacetan meliputi ruas jalan menuju tempat wisata dan area pasar tumpah.

Titik kemacetan itu tersebar di enam balai yang membawahi keresidenan. Yakni Balai 1 Semarang Raya, Balai 2 Muria Raya, Balai 3 Solo Raya, Balai 4 Magelang Raya, Balai 5 Purwokerto Raya dan Balai 6 Brebes Raya.

Titik kemacetan di Balai 1 berada di ruas jalan nasional sepanjang Kota Semarang, Alas Roban Batang, Pasar Weleri Kendal, ruas jalan Bawen, serta jalur alternatif Demak-Grobogan.

BACA JUGA:   97 Perusahaan Sudah Relokasi ke Jateng, Pemprov Kaji Indikator Penarik Minat Investor

Kemudian lanjut Erry,  titik rawan macet jelang Lebaran di Balai 2 ada di sepanjang ruas jalan penghubung Jepara-Kudus-Pati.

“Pantura timur ini paling berat. Karena tidak ada tol dan terdampak banjir. Apalagi ada beberapa titik airnya belum surut. Jadi kapasitas jalannya banyak yang mengecil. Tapi semoga saja airnya segera surut dan tak bebarengan dengan cuaca ekstrem,” ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (22/3/2024).

Erry melanjutkan, titik rawan macet saat mudik Lebaran ada di Balai 3 meliputi ruas jalan di Kartasuro Sukoharjo, wisata Tawangmangu, dan exit tol sementara Solo-Yogya.

BACA JUGA:   ADO Jateng Anggap THR Lebaran bagi Driver Ojol Hanya Angin Kosong

Kemudian Balai 4 ada di ruas jalan Secang-Payaman Magelang, pasar sayur Muntilan Magelang, ruas Jalan Kretek Magelang dan kawasan wisata Dieng Wonosobo.

Dia mengatakan, titik rawan macet di Balai 5 meliputi Jalan Patikraja-Buntu-Wangon Banyumas dan persimpangan wisata di Baturaden Banyumas.

Terakhir di Balai 6 titik kemacetan ada di Ketanggungan Brebes, pusat oleh-oleh Purwokerto, Pasar Sanggon-Larangan Brebes, Pasar Linggapura-Pasar Bumiayu Brebes dan Waduk Penjalin Brebes.

Lebih lanjut Dishub Jateng juga sudah menyiapkan skema antisipasi kemacetan. Mulai dari menyiapkan petugas lapangan, memasang water barrier, dan menyiapkan kantong parkir di tempat wisata dan pasar tumpah.

BACA JUGA:   Ratusan Anjing Diselamatkan dari Jagal, Polrestabes Semarang: Satu Ekor Anjing Tewas Positif Rabies

“Antisipasi lain selain menempatkan petugas, water barrier dan marka jalan, kita akan bekerja sama dengan Satpol PP untuk mengatur parkir agar tak terjadi penumpukan kendaraan sampai ruas jalan yang berlebihan,” ujar Erry.

Selain itu Disbub Jateng juga memprediksi bahwa puncak arus mudik terjadi pada tanggal 6 hingga 7 April atau H-4 dan H-3 menjelang Hari Idulfitri atau Lebaran 2024.

“Sementara arus balik diprakirankan puncaknya nanti H+3 dan H+4 (tanggal 13-14 April usai Lebaran),” tandas Erry.

Share this Article
Leave a comment