Ad imageAd image

Dishub Bakal Alihkan Arus Saat Gelaran Perpisahan Ganjar dan Taj Yasin Besok, Ini Jalurnya

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 695 Views
4 Min Read
Petugas Dishub sedang akan melakukan penutupan ruas jalan. (Foto: Dokumen Dickri Tifani Badi)

INDORAYA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang akan melakukan pengalihan arus di sejumlah ruas jalan pusat Kota Semarang saat ajah pesta rakyat bertajuk ” Terima Kasih Jawa Tengah”.

Rencananya, acara ini digelar di kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Selasa (5/9) besok. Diketahui, pesta rakyat tersebut merupakan hajatan dalam rangka melepas purna bakti Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen sebagai gubernur dan wakil gubernur Jateng.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Danang Kurniawan mengatakan, selama acara, bakal ada sejumlah jalan yang diterapkan pengalihan arus khusunya di depan kantor Gubernur Jateng.

Acara tersebut, rencananya bakal dihadiri kurang lebih sekitar 50 ribu orang yang dimulai sejak pagi hingga malam sekitar 21.00 WIB. Selain itu juga panggung acara direncanakan di sekitar Jalan Pahlawan.

Danang menjelaskan, pengalihan arus jalan akan dimulai dari Rimba Graha hingga bundaran akan ditutup, untuk lokasi acara.

“Pengalihan arus lalu lintas, dimulai pada Senin malam (4/9), kondisional sekitar pukul 22.00-24.00 WIB. Ini karena ada aktivitas bongkar muat di sekitar ruas Jalan Pahlawan. Pengalihan arus akan dilanjutkan hingga Selasa malam (5/9), guna pembersihan area,” jelas Danang kepada wartawan, Senin (4/9) siang.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk menghindari Jalan Pahlawan atau mencari alternatif jalan lain.

Danang menyebut, pihaknya telah menyiagakan 70 petugas dari Dishub Kota Semarang di titik-titik yang telah ditentukan. Selain itu, petugas juga berasal dari unsur kepolisian.

Terkait lokasi parkir, telah disiapkan sejumlah tempat. Di antaranya, di bekas Wonderia yang berkapasitas 70 bus/truk, TBRS berkapasitas 10 bus, Taman Makam Pahlawan berkapasitas 25 bus sedang. Selain itu, ada kantong parkir Lapangan Garnisun dengan kapasitas 25 bus/truk sedang, serta lokasi parkir di sepanjang tepi Jalan dr Cipto yang diperkirakan dapat menampung sekitar 120 bus/ truk.

Danang menjelaskan, nantinya akan diberlakukan sistem drop off (titik turun), bagi peserta acara. Mereka diturunkan di dekat lokasi acara, untuk kemudian meneruskan perjalanan berjalan kaki. Sementara, kendaraan pengantar akan diarahkan menuju kantong-kantong parkir yang telah tersedia.

Untuk kendaraan pribadi, disediakan kantong parkir di kompleks Tri Lomba Juang dan sepanjang tepi Jalan Tri Lomba Juang (sejajar satu lapis). Ada pula lokasi parkir mobil pribadi di SMA Negeri 1 Semarang, dan sepanjang tepi jalan Taman Menteri Supeno (sejajar satu lapis).

“Untuk kendaraan pribadi yang parkir di Tri Lomba Juang, disediakan mobil golf yang akan mengantar ke lokasi acara,” paparnya.

Lalu, bagaimana dengan pegawai yang bekerja di sekitar Jalan Pahlawan? Mereka dipersilakan mengakses jalan alternatif yang ada di ruas jalan tersebut, seperti di Jalan Imam Bardjo dan Jalan Kusumawardani.

Sebagai informasi, ajang “Terima Kasih Jawa Tengah” itu, nantinya akan dimeriahkan oleh penampilan berbagai band dan penyanyi kondang. Di antaranya Ndarboy Genk, NDX AKA, Aftershine, Woro Widowati, dan Vicky Prasetyo.

Direncanakan akan ada 160 UMKM di pedestrian Jalan Pahlawan, yang akan menyediakan 40.000 porsi makanan. Selain itu, akan ada dapur umum, di halaman Kantor Telkom yang mempersiapkan 10.000 porsi nasi.

Share this Article