Ad imageAd image

Dinporabudpar Banyumas Minta Pengelola Destinasi Wisata Utamakan Keamanan Pengunjung

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 822 Views
2 Min Read
Salah satu wisata alam di Banyumas. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, meminta pada setiap pengelola destinasi wisata, terutama wisata alam untuk selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan wisatawan.

“Kebetulan minggu ini ada libur panjang akhir pekan, yakni pada 8-11 Februari yang berkaitan dengan peringatan Isra Mikraj, cuti bersama, dan Tahun Baru Imlek,” ujar Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Wardoyo di Purwokerto, Banyumas, Selasa (6/2/2024).

Karena adanya libur panjang itu, katanya, kemungkinan ada peningkatan kunjungan wisatawan. Sehingga, menurutnya, pengelola harus mengantisipasi keselamatan pengunjung, mengingat sekarang sering terjadi hujan lebat.

Menurutnya, pengelola destinasi wisata alam harus melakukan mitigasi untuk mengantisipasi risiko bencana alam. Pasalnya, kata dia, hal itu berpotensi mengakibatkan tanah longsor, banjir bandang, dan pohon tumbang.

“Jangan semata-mata ingin meraup pendapatan maksimal dengan memanfaatkan libur panjang akhir pekan, namun faktor keamanan dan keselamatan wisatawan kurang diperhatikan. Mitigasi bencana tetap harus diperhatikan,” jelas dia.

Oleh karena itu, Wardoyo mengimbau pengelola destinasi wisata alam untuk memerhatikan kondisi pepohonan di objek wisata antisipasi ada pohon tumbang.

Dia juga menambahkan agar adanya rambu peringatan di lokasi-lokasi yang rawan bencana termasuk menyiapkan jalur beserta titik evakuasi.

“Insyaallah, semua destinasi wisata alam di Banyumas sudah menyiapkan semua itu, terutama objek-objek wisata milik pemerintah daerah,” ungkapnya.

Share this Article
Leave a comment