Ad imageAd image

Di Hari Ultahnya, Kim Jong Un Minta Waga Korut Ucapkan Sumpah Setia

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 589 Views
2 Min Read
Kim Jong Un (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Kim Jong Un yang menaiki kekuasaan pada tahun 2011, meminta rakyat Korea Utara (Korut) untuk menyatakan sumpah setia di hari ulang tahunnya hari ini.

Sebuah institut penelitian Korea Selatan, Institut Pembangunan Selatan dan Utara (SAND), menyampaikan informasi mengenai ‘hadiah’ sumpah setia rakyat Korut untuk Kim Jong Un.

Dilansir dari Reuters pada Senin (6/5/2024), pihaknya tidak dapat memverifikasi secara independen mengenai sumpah setia tersebut.

Meski demikian, SAND percaya bahwa rakyat Korut mengucapkan sumpah setia pada hari yang mereka yakini sebagai ulang tahun Kim Jong Un yang ke-40 pada 8 Januari lalu. SAND juga telah merilis foto-foto sumpah setia rakyat Korut yang diambil dalam suasana penuh ornamen pada Jumat (3/5) pekan lalu.

BACA JUGA:   Akibat Tunjuk Foto Kekek Kim Jong Un, Ibu Hamil Dieksekusi Mati di Korsel

Pyongyang secara resmi tidak pernah mengonfirmasi tanggal lahir Kim Jong Un, dan tradisinya, seremoni sumpah setia semacam itu diselenggarakan saat perayaan ulang tahun mendiang ayah dan kakek pemimpin Korut.

“Pemilihan Kim Jong Un untuk menjadi tuan rumah seremoni sumpah setia pada ulang tahunnya yang ke-40, pada awal tahun ke-13 kekuasaannya, menunjukkan pergeseran ke arah ketegangan politik, yang menandakan perubahan dari pendekatan para pendahulunya,” kata SAND dalam analisisnya.

Presiden SAND, Choi Kyong Hui, mengatakan kepada Reuters bahwa Korut bisa menjadikan ulang tahun Kim Jong Un sebagai hari peringatan resmi secepatnya pada tahun depan.

BACA JUGA:   Akibat Tunjuk Foto Kekek Kim Jong Un, Ibu Hamil Dieksekusi Mati di Korsel

Dinasti keluarga Kim telah memerintah sejak berdirinya Korut setelah Perang Dunia II, dan semakin mengokohkan kekuasaannya dengan membangun kultus kepribadian di sekitar mereka.

Share this Article
Leave a comment