Ad imageAd image

Di Generasi Z, Elektabilitas Prabowo Tertinggi [Survei Litbang Kompas]

Panji Bumiputera
By Panji Bumiputera 919 Views
1 Min Read
Prabowo Subianto (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Lagi-lagi Prabowo Subianto memuncaki survey elektabilitas lagi. Kali ini adalah elektabilitas calon pemimpin negeri ke depan dari kalangan Generasi Z oleh Survey yang dilakukan Litbang Kompas.

Hasil survei Litbang Kompas pada 29 April-10 Mei 2023 menunjukkan, Prabowo Subianto merupakan sosok yang paling banyak dipilih oleh generasi Z atau warga berusia 17-26 tahun sebagai calon presiden (capres).

Berdasarkan hasil survei, 32,7 persen generasi Z memilih Prabowo sebagai capres bila pemilihan presiden berlangsung pada masa jajak pendapat.

“Tercatat proporsi gen Z yang memilih Prabowo lebih besar dari rerata seluruh generasi, yakni mencapai 32,7 persen,” tulis Litbang Kompas.

BACA JUGA:   Hadiri Konsolidasi Kemenangan, Ketua DPD Gerindra Jateng: Misi 'Asta Cita' Akan Makmurkan Masyarakat Jepara

Di kalangan generasi Z, elektabilitas ketua umum Partai Gerindra itu diikuti oleh Ganjar Pranowo 24,5 persen; Anies Baswedan 10 persen; Ridwan Kamil 8,5 persen; Sandiaga Uno 2,4 persen; dan Agus Harimurti Yudhoyono 0,6 persen.

Kemudian, sebanyak 6,1 persen responden dari generasi Z memilih tokoh lain sebagai calon presiden. Sedangkan 15,2 persen responden manjawab tidak tahu.

Selain generasi Z, elektabilitas Prabowo juga berada di posisi teratas pada generasi Y atau warga berusia 27-41 tahun.

Di kalangan generasi Y, Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 23,9 persen, terpaut tipis dengan Ganjar Pranowo 23,1 persen.

BACA JUGA:   Sandiaga Uno Soal Projo Dukung Prabowo di Pilpres 2024: Kita Hormati

 

Share this Article
Leave a comment