Ad imageAd image

Di Caexpo 2023, Wapres Harap Produk Indonesia Semakin Dikenal di Pasar Global

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 2 Views
2 Min Read
Wapres di Caexpo 2023. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendorong beragam produk Indonesia agar agar lebih dikenal dan memiliki daya saing di pasar global.

Hal itu diungkapkan saat membuka paviliun komoditas Indonesia dalam rangkaian acara pembukaan China-ASEAN Expo (Caexpo) ke-20 yang digelar di Nanning International Convention and Exhibition Center (NICEC), Nanning, Guangxi, Tiongkok, Minggu (17/9/23).

Wapres Ma’ruf Amin pun berharap dengan adanya Paviliun Indonesia di Caexpo, berbagai produk unggulan Indonesia akan terkenal di kancah global.

“Harapan saya paviliun ini semakin mengenalkan produk Indonesia ke konsumen Tiongkok dan membuka akses pasar melalui direct selling atau kerja sama business-to-business,” kata Ma’ruf Amin, dalam sambutannya.

Pameran China-ASEAN Expo (Caexpo) ke-20 di Nanning, Tiongkok, itu menampilkan sebanyak 84 stan produk Indonesia dari 49 perusahaan, termasuk dari Rumah BUMN.

Sementara PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo bersama Rumah BUMN menampilkan produk enam UMKM binaan di Paviliun Indonesia. Diantaranya, Witrove dengan produk kerajinan eceng gondok, Enclave dengan produk dekorasi rumah berbahan dasar kayu, dan Secret Potion dengan produk kecantikan dan kesehatan,

Selanjutnya, Pelindo juga menghadirkan Maharani Craft dengan produk perhiasan rumahan, Manika dengan produk perhiasan, dan Gusbeisae Batik yang memamerkan produk pakaian.

Pada acara itu, turut hadir juga Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi.

Diketahui, Caexpo merupakan hasil kesepakatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-7 China-ASEAN Free Trade Area (CAFTA) 2003 dan mulai dilaksanakan pada 2004.

Pameran ini bertujuan mempromosikan perdagangan barang, kerja sama investasi, transfer teknologi, perdagangan jasa, hubungan industri serta kerja sama sub-regional ASEAN dan Tiongkok.

Share this Article