Ad imageAd image

Data di Situs Pemkot Semarang Diduga Bocor, Begini Reaksi Dinas Kominfo

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 1.1k Views
1 Min Read
Postingan mengenai informasi data di situs resmi Pemkot Semarang bocor yang diunggah oleh akun X @falconfeedsio, Rabu (26/6/2024). (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Beredar kabar mengenai data di situs resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Jawa Tengah (Jateng), “semarangkota.go.id” diduga bocor.

Informasi kebocoran data-data penting yang dimiliki oleh Pemkot Semarang ini pertama kali tersebar luas di jagat maya X (dulu Twitter) oleh akun X @falconfeedsio.

“Another breach hits Indonesia: Semarang City Government Database Leak. Leaked by: AngelGF on BreachForums. Semarang City Government (semarangkota.go.id). The database of the Semarang City Government has been leaked, marking another significant data breach in Indonesia,” tulis akun tersebut dalam caption-nya.

Bahkan berdasarkan pengamatan Indoraya saat ini, unggahan tersebut sudah dilihat lebih dari 28 ribu orang. Serta telah diposting ulang sebanyak 177 kali.

Menanggapi informasi kebocoran data itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Semarang, Soenarto mengklaim sampai saat ini tidak ditemukan jejak kebocoran di situs resmi Pemkot Semarang itu.

“Endak ini, kayaknya ini endak,” kata Soenarto saat dikonfirmasi wartawan, (26/6/2024).

Kendati demikian, pihaknya akan melakukan penelusuran atas informasi dari akun X @falconfeedsio.

“Kayaknya ini endak, tapi tim kami ini juga sedang mengecek ini,” ucapnya.

Soenarto memastikan bahwa penelusuran informasi ini sangat penting lantaran sumbernya dari media sosial untuk mencari kebenaran.

“Tidak, tidak, karena itu di medsos makannya dicek lagi,” imbuhnya.

Share this Article